ANALISIS LITERASI MATEMATIKA SISWA DENGAN GAYA BERPIKIR SEKUENSIAL KONKRET DAN ACAK KONKRET DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE AKM

Penulis

  • Nur Izzati Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nurhafika Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Desi Rahmatina Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v5i2.836

Kata Kunci:

Analisis, Literasi Matematika, Gaya berpikir, AKM

Abstrak

Tujuan dilakukannya penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan literasi matematika pada siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret dan acak konkret dalam menyelesaikan soal tipe AKM. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu dua siswa kelas VIII A SMP Negeri 17 Bintan yang terdiri dari masing-masing satu siswa dari gaya berpikir sekuensial konkret dan acak konkret. Pemilihan subjek berdasarkan pada hasil tes literasi matematika yang terbaik dari siswa gaya berpikir sekuensial konkret dan acak konkret. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menerapkan teknik angket, tes, dan wawancara. Adapun iInstrumen penelitian yang digunakan adalah angket gaya berpikir yang telah dikembangkan oleh John Park Le Tellier, soal tes literasi matematika tipe AKM, dan pedoman wawancara. Analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya berpikir sekuensial konkret mampu memenuhi level kognitif literasi matematika knowing (pengetahuan dan pemahaman) dan level applying (penerapan). Siswa gaya berpikir acak konkret hanya mampu memenuhi level kognitif literasi matematika knowing (pengetahuan dan pemahaman).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

DePorter, B., & Hernacki, M. (2000). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Penerbit Kaifa.

Kholifasari, R., Utami, C., & Mariyam, M. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa ditinjau dari karakter kemandirian belajar materi aljabar. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 117–125. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.1057

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825

Munahefi, D. N., Kartono, Waluya, B., & Dwijanto. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Tiap Gaya berpikir Gregorc. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3(January), 650–659.

Muzaki, A., & Masjudin, D. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Moshafara: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

OECD. (2018). PISA 2015 Results in Focus. OECD.

Pusmenjar. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian, Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pusmenjar. (2021). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian, Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulistiani, E., & Masrukan. (2017). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 605–612. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21554ite

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-31

Cara Mengutip

Izzati, N., Nurhafika dan Rahmatina, D. (2023) “ANALISIS LITERASI MATEMATIKA SISWA DENGAN GAYA BERPIKIR SEKUENSIAL KONKRET DAN ACAK KONKRET DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE AKM”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 5(2), hlm. 89–98. doi: 10.55719/jrpm.v5i2.836.

Terbitan

Bagian

Articles