Manajemen Plaza Ikan Tuban dalam Upaya Mendorong Pedagang Ikan untuk Meningkatkan Omset Penjualan

Authors

  • Yuyun Suprapti Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.55719/j.miy.v1i1.360

Keywords:

Plaza Ikan, Fasilitas, Omset Penjualan, Ekonomi Masyarakat Pesisir, Tuban

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Manajemen Plaza Ikan mendorong pedagang ikan untuk meningkatkan omset penjualan.  Penyediaan fasilitas-fasilitas yang memadahi dan diperlukan pedagang merupakan faktor yang mendorong dalam upaya peningkatan omset penjualan. Fasilitas yang disediakan antara lain fasilitas freezer, kulkas, promosi yang efektif ditempat sasaran, meningkatkan kualitas produk untuk meningkatkan harga jual, memberikan pinjaman modal.  Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengambilan data menggunakan kuisioner. Analisa data menggunakan likert yaitu metode kualitatif yang diubah menjadi angka. Dari hasil pertanyaan kuisioner tentang bagaimana manajemen plaza ikan mendorong pedagang ikan untuk meningkatkan omset penjualan. fasilitas freezer, kulkas, promosi yang efektif ditempat sasaran, meningkatkan kualitas produk untuk meningkatkan harga jual, memberikan pinjaman modal, rata-rata responden menjawab setuju, sehingga ada kerjasama antara pihak manajemen dan pedagang ikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Zaini.,Taylor, Dennis. 2009. Commitment to Independence by Internal Auditor; the effects of role ambiguity and role conflict.

Antyadika. B. E, 2012. Analisis Pengaruh Lokasi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Wong Art Bakery&Café Semarang). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Bintang. 2015.”Skripsi S1 Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjung Pinang Dahuri, R. 2004. Membangun Indonesia yang Maju, Makmur dan Mandiri Melalui Pembangunan Maritim. Makalah disampaikan pada Temu Nasional Visi dan Misi Maritim Indonesia dari Sudut Pandang Politik, Jakarta, 18 Februari 2004.

Buchari Alma, 2012. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Burhan, Bungin. 2015. Penelitian Kualitatif. Prenada Media Group. Jakarta.

Fitriana, Ria dan Nastasha Staceg. 2012. The Role of Woman in The Fisherys Sector of Pantar Island, Indonesia dalam Asian Fisheries Science Special Issue, vol. 255. Australia: Charles Darwin University.

Junianto, 2010. Penyakit utama Kakao dan Pengendalian Buku Pintar Budidaya Kakao. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. Agromedia Pustaka: Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemahan oleh Benyamin.

Published

2022-02-06

How to Cite

Suprapti, Y. (2022). Manajemen Plaza Ikan Tuban dalam Upaya Mendorong Pedagang Ikan untuk Meningkatkan Omset Penjualan. Jurnal Miyang : Ronggolawe Fisheries and Marine Science Journal, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.55719/j.miy.v1i1.360