Potensi dan Kondisi Sumberdaya Pulau Kangean di Kabupaten Sumenep Jawa Timur

The Potential and Condition of The Resources of Kangean Island East Java Sumenep District

Authors

  • Sawiya Sawiya Universitas Ibrahimy, Jawa Timur, Indonesia
  • Mihosen Mihosen Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55719/jmiy.v2i2.562

Keywords:

Pulau-Pulau Kecil, Perkembangan Ekonomi, Sumberdaya

Abstract

Pulau Kangean merupakan salah satu pusat perekonomian di wilayah Kabupaten Sumenep, sehingga dapat menjadi indikator untuk mengetahui tingkat perkembangan pulau pada rentang waktu tertentu. Hasil kajian perkembangan Pulau Kangean dapat memberikan gambaran secara umum, terhadap pulau – pulau kecil yang ada disekitarnya. Oleh karena itu, kajian dalam penelitian ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengoptimalkan potensi sumber daya alam secara terpadu dan berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1). untuk mengetahui sumberdaya apa saja yang ada di kepulauan kangean.2) untuk mengetahu pemanfaatan tren sumberdaya di pulau kangean. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Agustus 2021 yang meliputi pengambilan data lapang, dan pencarian data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan Potensi sumberdaya  diantaranya: perkebunan, pertanian, peternakan, kelautan, perikanan sedangkan yang paling menonjol adalah dari  hasil tangkapan ikan yang sangat melimpah, jumlah nelayan, dan alat tangkap yang semakin tahun semakin meningkat bila dibandingan dengan hasil pertanian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrianto, L. 2005. Valuasi Ekonomi Sumberdaya Pulau-pulau Kecil. Working Paper. Bogor: Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan-Institut Pertanian Bogor (PKSPL-IPB).

Anwar, E., dan Rustiadi, E. 2000. Masalah Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Kebijakan Ekonomi Bagi Pengendalian terhadap Kerusakan. Makalah yang disajikan pada Lokakarya Nasional emberdayaan Masyarakat Berbasis Pengelolaan Sumberdaya Alam. Jakarta.

Bengen, D.G. 2000. Sinopsis Teknik Pengambilan Contoh dan Analisis Data Biofisik Sumberdaya Pesisir. Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Bengen, D.G. 2000a. Sinopsis Ekosistem dan Sumberdaya Alam Psisir. Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Dahuri, R. 1998. Pendekatan Ekonomi-Ekologi Pembangunan Pulau-Pulau Kecil Berkelanjutan. Prosiding Seminar dan Lokakarya Pengelolaan Pulau-Pulau Kecil di Indoensia.

Kerjasama Departemen Dalam Negeri, Direktorat Pengelolaan Sumberdaya Lahan dan Kawasan TPSA BPPT- Coastal Resources Management Project (CMRP) USAID. Jakarta. Indonesia

Kurniawan, F. 2011. Pemanfaatan Sumberdaya Pulau Kecil untuk Wisata Berkelanjutan (Studi Kasus Pulau Sepanjang, Kabupaten Suemenep, Propinsi Jawa Timur). (Tesis) Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Pengelolaan Pantai dan Pulau-Pulau Kecil Melalui Pendekatan Pengembangan Wilayah. Prosiding Seminar Nasional Pengelolaan Ekosistem Pantai dan Pulau-Pulau Kecil dalam Konteks Negara Kepulauan. Kerjasama IGI-AKI-IGEGANLA-PUSPICS-MAPIN dan Ditjen Urusan Witoelar, E. 2000.

Published

2022-12-22

How to Cite

Sawiya, S., & Mihosen, M. (2022). Potensi dan Kondisi Sumberdaya Pulau Kangean di Kabupaten Sumenep Jawa Timur: The Potential and Condition of The Resources of Kangean Island East Java Sumenep District. Jurnal Miyang : Ronggolawe Fisheries and Marine Science Journal, 2(2), 65–71. https://doi.org/10.55719/jmiy.v2i2.562