PERAN ISTRI NELAYAN DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA DI DESA KENANTI KECAMATAN TAMBAKBOYO KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Sari Firantika Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Yosia Dian Purnama Windrayadi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Muhammad Yusuf Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

kondisi ekonomi keluarga, peran istri nelayan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi nyata bahwa masyarakat di Desa Kenanti yang mayoritas pekerjaannya adalah nelayan. Disamping itu tingkat Penghasilan nelayan terbilang masih rendah dengan jumlah 134 KK keluarga miskin dan sangat miskin dari total keseluruhan 426 KK prosentase mencapai 31% jauh lebih tinggi dari prosentase penduduk miskin nasional tahun 2022 di angka 9.54%. Penghasilan nelayan sangat tidak menentu karena bergantung pada cuaca, teknologi tangkap, dan modal dalam kegiatan menangkap ikan dilaut. Dalam hal ini peran istri sangat penting, peran merupakan Sifat individual ditekankan dalam teori kedudukan untuk menekuni sikap yang cocok dengan letaknya sebagai pelaku sosial ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi ekonomi keluarga dan peran istri nelayan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang dilakukan dengan cara wawancara kepada istri nelayan di Desa Kenanti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh istri nelayan, dengan sampel penelitian 6 istri nelayan. Dalam penelitian ini nantinya hasil wawancara di analisis secara deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan adanya peran istri nelayan yang ikut bekerja membantu suami mencari tambahan penghasilan dapat meningkatkan ekonomi keluarga, istri juga berperan penting dalam menganalisis pengeluaran secara terperinci yang diperlukan dari penghasilan suami untuk kebutuhan sehari-hari dan dalam mengelola keuangan dengan cara menerapkan skala prioritas .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rangkuti, A. M., Cordova, M. R., Rahmawati, A., & Adimu, H. E. (2022). Ekosistem Pesisir & Laut Indonesia. Bumi Aksara. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=mgJjEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=ekonomi+masyarakat+pesisir&ots=5CtKMabaAj&sig=m2A2s2qUR3zJQfaZ_z3A1uK4Uds

Torere, W., Goni, S. Y. V. I., & Waani, F. J. (2019). Peran Ganda Istri Nelayan Pada Masyarakat Pesisir di Desa Kima Bajo Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.

Rindawati, I. S., & Sos, S. (2021). Strategi Peningkatan Pendapatan Nelayan. Media Sains Indonesia.

Ridha, A. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan nelayan di Kecamatan Idi Rayeuk. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 646–652.

Muzdalifah, L., & Nilamsari, W. (2021). Peran Istri Nelayan dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga di Pulau Tidung. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 3(2), 121–136.

Ekadianti, M., & REJEKININGSIH, T. W. (2014). Analisis Pendapatan Istri Nelayan dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Desa Tasikagung, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang. UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

THOLIBI, I. (2022). PERAN ISTRI NELAYAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI DESA LABUHAN MALOKO’KECAMATAN SRESEH KABUPTEN SAMPANG. STKIP PGRI BANGKALAN.

Rohmelawati, R. (2020). PERAN PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN SEKTOR EKONOMI KELUARGA (STUDI KASUS PETUGAS KEBERSIHAN JALAN PEREMPUAN). Magenta, 8(2), 93–110.

Hartono, R. (2021). PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN

Wijaya H. 2020. Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan. [place unknown]: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

HUSNA A. 2023. PERAN ISTRI DALAM KEHIDUPAN KELUARGA NELAYAN TRADISIONAL DI KELURAHAN PASANGKAYU KABUPATEN PASANGKAYU.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Rijali A. 2019. Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah. 17(33):81–95.

Octaviani R, Sutriani E. 2019. Analisis data dan pengecekan keabsahan data.

Suyanto B. 2015. Metode penelitian sosial: Berbagai alternatif pendekatan. [place unknown]: Prenada Media.

Downloads

Published

2023-09-27

How to Cite

Sari Firantika, Yosia Dian Purnama Windrayadi, & Muhammad Yusuf. (2023). PERAN ISTRI NELAYAN DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA DI DESA KENANTI KECAMATAN TAMBAKBOYO KABUPATEN TUBAN . OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan Dan Koperasi, 4(02), 17–24. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/oportunitas/article/view/1078