ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. AYU INDAH TOUR AND TRAVEL CABANG PAMBON, KECAMATAN BRONDONG, KABUPATEN LAMONGAN TAHUN 2021

Authors

  • Ratna Dilla Unirow Tuban
  • Muhammad Yusuf Unirow Tuban
  • Handaru Indrian Sasmito Adi Unirow Tuban

Keywords:

Kepercayaan, Kepuasan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Ayu Indah Tour and Travel Cabang Pambon. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner langsung dengan pihak terkait sesuai tujuan penelitian. Teknik analisisnya menggunakan regresi sederhana dan regresi berganda dengan uji hipotesis, yaitu uji F dan uji t. Jumlah sampel sebesar 90 karyawan dengan menggunakan metode proporsive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan dan kepuasan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Ayu Indah Tour and Travel Cabang Pambon. Secara parsial, variabel kepercayaan merupakan variabel yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Dari penelitian ini diperoleh nilai R Square sebesar 0,570 atau 57,0%. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh kepercayaan (X1), kepuasan (X2) terhadap loyalitas pelanggan (Y) sebesar 57,0% sisanya sebesar 43% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Berdasarkan hasil pengujian dapat diketahui bahwa kepercayaan (X1) memiliki pengaruh loyalitas pelanggan (Y). Hal ini terbukti dari nilai t hitung Nilai thitung pada variabel kepercayaan

5.512 dimana nilai tersebut lebih besar dari ttabel 1,663 dengan nilai signifikan 0.000 lebih kecil dari signifikan 0,05. Hal ini menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa kepercayaan berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan pad PT. Ayu Indah Tour and Travel Cabang Pambon. Berdasarkan hasil pengujian dapat diketahui bahwa Nilai thitung pada variabel kepuasan adalah 5.049 dimana nilai tersebut lebih besar dari ttabel 1,663 dengan nilai signifikan 0.000 lebih kecil dari signifikan 0,05. Hal ini menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa kepuasan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Ayu Indah Tour and Travel Cabang Pambon.

Berdasarkan hasil pengujian dapat diketahui bahwa Fhitung sebesar 57.643 dimana nilai tersebut lebih besar dari pada Ftabel 3,21. Dengan nilai signifikan 0.000 < 0,05. Hal ini menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa kepercayaan dan kepuasan secara simultan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Ayu Indah Tour and Travel Cabang Pambon.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar & Parvez (2009:26). Impact For Service Quality, Trust And Customer Statisfaction On Costomer loyalty. ABAC Journal. Vol. 29 No. 1. Januari, 24-38

Alrubaiee & al-nazer (2010). Investigate The Impact Of Relationship Marketing Orientation On Customer loyalty: The Customer’s Perpective. International journal of marketing..., Vol. 2 No. 1, pp 155-174

Deng et al (2010). Understanding Customer Satisfaction And loyalty:

An Empirical Study Of Mobile Instant Message In China. International journal of information management, Vol. 30, No. 4, pp: 289-300

Ghozali, (2008). Structural Equation Modelling, Edisi II, Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, (2011 : 105-106). Aplikasi Nalisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Penerbit: Universitas Dipenogoro. Semarang

Ghozali, (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS (Edisi ke 4). Semarang: Bandung Penerbit Universitas Diponegoro

Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA.

Irawan (2004:37). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Cetakan Kelima. Jakarta: Elex Media Komputindo

Ishaq et al. (2014). Role Of Corporate Image, Product Quality And Customer Value In Customer Loyalty: Intervening Effct Of Customer Statisfaction. Journal of basic and applied scientific resarch. 4 (4): 89-

Khan, (2012). Determinants of Customer Satisfaction in Fast Food Industry, Internasional Journal of Management and Strategy, vol. 3.

Kotler, P. & keller, K.L. (2010). Manajemen Pemasaran Jilid 2-13/E. Jakarta: Erlangga

Prasaranphanich, (2007:231), Perilaku Konsumen, Analisis Model Keputusan, Penerbitan Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta.

Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta

Sangadji dan sopiah (2013:201). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbitan Andi.

Santoso, (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiarto, Sitinjak. (2006). Lisrel. Edisi Pertama. Cetakan Pertama Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Sugiono, (2013), metodelogi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. (Bandung: ALFABETA)

Sugiono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Willam N. (2003) Analisis Kebijakan Publik. Gadjah Mada.

Yamit (20130. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Ratna Dilla, Muhammad Yusuf, & Handaru Indrian Sasmito Adi. (2022). ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. AYU INDAH TOUR AND TRAVEL CABANG PAMBON, KECAMATAN BRONDONG, KABUPATEN LAMONGAN TAHUN 2021. OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan Dan Koperasi, 3(02), 68–76. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/oportunitas/article/view/505