VALIDASI PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI BISNIS DENGAN PENDEKATAN LEARNING START WITH A QUESTION

  • Shofiana Nur Latifah Unirow Tuban
  • Henny Sri Astuty

Abstract

Tujuan dikembangkan penelitian yaitu melakukan validasi pengembangan modul pembelajaran ekonomi bisnis dengan pendekatan Learning Start With A Question, agar siswa bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis.  Pengembangan  menganut model Borg & Gall yang memiliki sepuluh tahapan . Adanya wabah pandemic covid-19 mengakibatkan kendala uji coba di sekolah, sehingga hanya sampai 4 tahap  yaitu; Pengumpulan Data, Perencanaan, Pengembangan Produk, Modul yang telah di Produksi. Validasi terhadap modul yang telah dihasilkan menggunakan instrument lembar validasi dengan skala Likert. Validasi modul pembelajaran dilakukan oleh 4 pakar/ahli  meliputi  pakar/ahli materi, bahasa, media, serta pendidikan pengajaran. Data validitas dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil uji validitas dari ahli materi sebesar 92,18 % dengan kriteria sangat valid, validasi aspek bahasa sebesar 75% dengan kriteria valid, validasi dari ahli media sebesar 89,06 % dengan kriteria sangat valid, dan dari ahli pendidikan/media pembelajaran sebesar 82,81% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil dari penelitian bisa ditarik kesimpulan bahwa produk yang dikembangkan peneliti berupa modul pembelajaran dengan Pendekatan Learning Start With A Question pada materi Badan Usaha ini layak digunakan.

References

Arifin, A. Z., Oktafianto, K., Awanda, R., & Fatihah, N. (2019). Sebaran Debu Jubung Pabrik Kapur dengan Gaussian Plume. MathVisioN, 1(02), 79-82.

Arifin, A. Z. (2017). Optimasi Pada Misil Menggunakan Bang-Bang Control Dan Ensamble Kalman Filter. Technology Science and Engineering Journal, 1(2).

Awanda, R., Oktafianto, K., Arifin, A. Z., & Fatihah, N. (2019). Simulasi Sebaran Abu Pabrik Kapur Menggunakan Metode Beda Hingga. Zeta-Math Journal, 4(2), 34-39.

Hutagalung.,R.2018. Pengaruh Metode Inquiry Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 1 Indralaya Utara. ( Online ) , ( https://repository.unsri.ac.id/1824/2/RAMA_87203_%2006031181419064_0020126401_0022086402_01_front_ref.pdf ) diakses tanggal 28 Mei 2020

Irawan.D.2019.Pengembangan Modul Fisika Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Berwawasan Lingkungan Pesisir Pantai Di Smk Perikanan Dan Kelautan Puger. ( Online ), ( https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/92952/Deni%20Irawan%20-%20150210102021_.pdf?sequence=1&isAllowed=y ) diakses tanggal 28 Mei 2020

Navila.,Q.A.2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Materi Getaran Dan Gelombang, Bunyi Dan Cahaya Kelas Viii Smp/Mts Berbasis Unity Of Sciences. ( Online ) , (http://eprints.walisongo.ac.id/7837/1/skripsi%20selesai.pdf ) , diakses tanggal 9 Juli 2020

Oktafianto, K., Rathomi, A. Y., Fatihah, N., Wulandari, A., & Arifin, A. Z. (2020). PENERAPAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JASA PADA KOPERASI MAHASISWA UNIROW TUBAN. MathVisioN, 2(2), 59-64.

Pahlevi,R.V.2012.Pengembangan Modul Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Mata Diklat Menginterprestasikan Gambar Teknik Di SMK Muhammadiyah Paguyangan Brebes. ( Online ) , ( https://eprints.uny.ac.id/21199/1/Ryan%20Fitrian%20pahlevi%2007503241022.pdf ) diakses tanggal 1 Juli 2020

Rusdiana,.E.H.2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Cahaya Dengan Pendekatan Ketrampilan Berproses. ( Online ) , (https://lib.unnes.ac.id/19727/1/4201409019.pdf ) diakses tanggal 1 Juli 2020

Windrayadi, P., & Dian, Y. (2016). Proses kreatif guru dalam pembelajaran ekonomi. DISERTASI Dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Published
2020-09-30
Section
Articles