VALIDASI PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DALAM MATA PELAJARAN PRAKARYA DI SMA MA’ARIF DARUL ULUM BRONDONG

  • Nur Lina Universitas PGRI Ronggolawe
  • Henny Sri Astuty
  • Yosia Dian Purnama Windrayadi

Abstract

Pengembangan buku petunjuk praktikum sebagai media pembelajaran berbasis Google
Classroom dalam pembelajaran prakarya bertujuan agar mempermudah siswa dalam proses
pembelajaran secara daring dalam mata pelajaran prakarya di SMA Ma’arif Darul Ulum Brondong.
Belum adanya buku petunjuk praktikum sebagai media pembelajaran prakarya yang digunakan oleh
guru untuk pembelajaran menyebabkan kurang berkembangnya ilmu pengetahuan, keterampilan
dan sikap percaya diri siswa melalui produk yang dihasilkan. penanaman jiwa, sikap, dan etika
wirausaha , bekal pengetahuan tentang kewirausahaan kepada peserta didik dapat dilakukan karena
proses pembelajaran dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Media pembelajaran meliputi alat
yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran, yang terdiri antara lain
buku atau materi dan gambar, foto yang berada dalam satu wadah google classroom. Penelitian ini
dilakukan dengan model Borg & Gall dengan tujuh tahapan tanpa uji coba. Subjek pada penelitian
ini adalah SMA Ma’arif Darul Ulum Brondong. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui
wawancara guru prakarya kelas X. Buku petunjuk praktikum sebagai media pembelajaran berbasis
google classroom berbentuk file yang dapat digunakan dengan bantuan smartphone atau komputer.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah produk berupa modul pembelajaran prakaraya
yang dapat digunakan sebagai sumber belajar oleh siswa SMA. Kualitas produk yang
dikembangkan menurut penilaian ahli media rerata skor 4,38 dengan kategori “Sangat Baik”,
menurut ahli materi rerata skor 4,42 dengan kategori “Sangat Baik”, menurut ahli bahasa rerata
skor 3,75 dengan kategori “Baik”, menurut ahli digital rerata skor 3,75 dengan kategori “Baik”.
Hasil dari keseluruhan validasi ahli mendapat rerata skor 4,08 dengan kategori “Baik” dari hasil
tersebut disimpulkan bahwa buku petunjuk praktikum pembelajaran berbasis Google Classroom
layak untuk digunakan.

References

[1]Sugiyono.2019.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.Edisi 2.Bandung:Alfabeta.

[2]Hamzah A.Metode Peneliti Dan Pengembangan (Researc & Development) Uji Produk Kuantitatif Dan Kualitatif Proses Dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif Dan Kuantitatif.2019.Malang:CV.Literasi Nusantara.

[3]Marasmita D. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 1 Nogosari. Skripsi, (https://eprints.ums.ac.id) diakses 20 juni 2020.

[4]Nirfayanti & Nurbaeti. 2019. Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, (https://journal.uncp.ac.id ) diakses 11 April 2020.
Published
2021-03-31
Section
Articles