VALIDASI PENGEMBANGAN BUKU PRAKTIKUM DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X SMA N RENGEL MELALUI FLIPBOOK

Authors

  • Rista Indra Lukmana Unirow Tuban
  • Henny Sri Astuty

Keywords:

Validasi Pengembangan; Prakarya; Flipbook

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan smedia pembelajaran berbasis flipbook yang interaktif mengikuti perkembangan zaman yang layak dijadikan dalam melaksanakan dalam pembelajaran baik secara daring maupun non daring pada pelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMA Negeri 1 Rengel ditinjau dari validator yang dituju. Penelitian ini menggunakan model pjbl yang melaui langkah-langkah (1) potensi, (2) pengumpulan data, (3) pengembangan buku praktikum, (4) produk awal, (5) validasi, (6) revisi 1 (7) pengembangan buku petunjuk praktikum (8) revisi (9) hasil akhir produk dang menggunakan analisis data sekala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis flipbook   pada pelajaran prakarya dan kewirausahan di SMA Negeri 1 Rengel, berdasarkan para ahli materi, ahli bahasa, dan ahli disain yang dari guru mata pelajaran dan dosen di Universitas PGRI Ronggolawe mendapatkan nilai rata-rata dari ketiga ahli 84 % dinyatakan valid dan layak dijadikan sebagai bahan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada. [2] Supriono, A. 2009. COOPERATIVE
Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
[3] Tika, Z. 2015. Pengembangan modul praktikum pjbl untuk kimia kelas X semester
genap.https://www.google.com/url?sa=t&rct=j
&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&u ac, diakses 15 mei 2021
[4] Depdiknas. 2017. Standar Isi Untuk Satuan
Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:
Dirjen Dikti Depdiknas. Diakses pada tanggal
15-Mei-2021
[5] Sugiyono. 2009. Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[6] Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian
Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta. http://library.upnvj.ac.id. Diakses pada
tanggal 12-Juni-2021
[7] Nikmah, K. 2018. Pengembangan Media
HANDOUT Berbasis Lingkungan
Sosial pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Pamotan.
Skripsi tidak diterbitkan. Universitas PGRI
Ronggolawe Tuban.
[8] Sugiyono, 2015. Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung: ALFABETA cv.
[9] Riduwan, S. 2011. Pengantar Statistika
Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,
Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung:
Alfabeta.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Lukmana, R. I., & Astuty, H. S. (2022). VALIDASI PENGEMBANGAN BUKU PRAKTIKUM DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X SMA N RENGEL MELALUI FLIPBOOK. OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan Dan Koperasi, 3(01), 11–16. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/oportunitas/article/view/425