VALIDITAS PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN PENDEKATAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS XI MA AL-HIDAYAH JENU

  • Sylvi Nimas Aghytia Unirow Tuban
  • Dumiyati Dumiyati

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan produk, berupa Modul pembelajaran Ekonomi khususnya materi Akuntansi Perusahaan Jasa dengan pendekatan Group Investigation agar memudahkan serta mengaktifkan siswa dalam berdiskusi saat mengikuti pembelajaran dikelas. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan menggunakan model Borg & Gall. Model ini mempunyai 10 tahap pengembangan. Mengingat keterbatasan waktu dan dana serta terkendalanya proses belajar mengajar karena adanya covid-19 yang ada di Indonesia ini, maka langkahnya disederhanakan menjadi empat langkah pengembangan yaitu Tahap pengumpulan data, Tahap Perencanan, Tahap Pengembangan Produk, Modul yang telah diproduksi. Kemudian jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif dengan skala likert, instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis data deskriptif. Dalam hal ini peneliti mengembangkan modul pembelajaran yang kemudian diuji oleh empat Ahli Validasi, yaitu validasi materi, validasi media, validasi penelitian pendidikan media pembelajaran, dan validasi bahasa. Yang bertujuan untuk mengetahui kevalidan modul pembelajaran tersebut. Hasil penelitian ini diperoleh data sebagai berikut. Data dari validasi Ahli Materi adalah 90% dinyatakan sangat valid. Ahli media sebesar 90% dinyatakan sangat valid. Ahli Penelitian Pendidikan Pengajaran sebesar 78.4% dinyatakan valid. dan ahli Bahasa sebesar 70% dinyatakan valid. Mengacu pada kriteria tingkat kevalidan produk menurut Ridwan (2011). Hasil dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk modul pembelajaran ekonomi dengan pendekatan GI materi Akuntansi Perusahaan Jasa adalah layak digunakan untuk pembelajaran/penelitian selanjutnya.

References

Arifin, A. Z., Oktafianto, K., Awanda, R., & Fatihah, N. (2019). Sebaran Debu Jubung Pabrik Kapur dengan Gaussian Plume. MathVisioN, 1(02), 79-82.

Arifin, A. Z. (2017). Optimasi Pada Misil Menggunakan Bang-Bang Control Dan Ensamble Kalman Filter. Technology Science and Engineering Journal, 1(2).

Awanda, R., Oktafianto, K., Arifin, A. Z., & Fatihah, N. (2019). Simulasi Sebaran Abu Pabrik Kapur Menggunakan Metode Beda Hingga. Zeta-Math Journal, 4(2), 34-39.

Fadlyati,Rati.2010.E-Learning2010.Online.Tersedia:https://sites.google.com/site/elearningtp2010/pengembangan-bahan-ajar/modul/hasil-produk-e-modul. Diakses 25 Juni 2020

Ikmah, Siti Fiki. Margunani dkk.2012.Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran TAI (TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION) Berbantu Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Online.Tersedia: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj. Diakses 06 juni 2020.

Indriyani, Lusia.2018. Pengembangan Media Poster Sebagai Bahan Ajar Dalam Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Online. Tersedia: http://repository.radenintan.ac.id/4677/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20LUSIA.pdf. Diakses Tanggal 28 Mei 2020

Mudyaharyo, Redja.2012.Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Nikmah, Khasanatun.2018. Pengembangan Media Handout Berbasis Lingkungan Sosial Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sekola Menengah Atas Negeri 1 Pamotan Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban. Diakses 4 Agustus 2020

Oktafianto, K., Rathomi, A. Y., Fatihah, N., Wulandari, A., & Arifin, A. Z. (2020). PENERAPAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JASA PADA KOPERASI MAHASISWA UNIROW TUBAN. MathVisioN, 2(2), 59-64.

P. Windrayadi and Y. Dian, “Proses kreatif guru dalam pembelajaran ekonomi,” DISERTASI dan TESIS Progr. Pascasarj. UM, 2016.

Published
2020-09-30
Section
Articles