MOTIVASI , DISIPLIN, ETOS KERJA KAITANNYA DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DI CV. PUTRI BAKERY TUBAN

  • Yeni Prasetyo Putri Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dumiyati Dumiyati

Abstract

Motivasi merupakan pendorong agar seseorang melakukan suatu kegiatan untuk mencapai tujuanya. pada dasarnya motivasi dibedakan menjadi dua yaitu motivasi internal dan motivasi eksternal. Sikap disiplin kerja yang dimiliki oleh karyawan sangat penting bagi suatu perusahaan dalam rangka mewujudkan tujuan perusahaan. Etos kerja adalah sikap yang muncul atas kehendak dan kesadaran sendiri yang didasari oleh sistem orientasi nilai budaya terhadap kerja (Sukardewi, 2013:3. Produktivitas kerja adalah perbandingan antara hasil dari suatu pekerjaan tenaga kerja dan pengorbanan yang telah dikeluarkan. Siagian (dalam Afifudin, 2014:218). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif, karena hasil penelitian ini adalah suatu  gambaran atau pendeskripsian tentang motivasi, displin, etos kerja kaitannya dengan produktivitas kerja karyawan di CV. Putri Bakery. Jumlah responden yang diambil adalah sebanyak 30 responden menggunakan rumus slovin. Peneliti memilih teknik yang menggunakan metode kuesioner atau angket tertutup dengan skala pengukurannya yaitu skala likert yang disajikan dengan lima kategori jawaban yaitu netral, sangat setuju, , tidak setuju, setuju, dan sangat tidak setuju. Uji instrumen yang digunakan adalah uji reliabilitas dan valiuditas, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan analisis regresi berganda dengan uji t (hipotesis). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, dan Etos Kerja secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan pada CV. Putri Bakery Semanding, hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan regresi secara simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (11,388 > 2,975) dan nilai probabilitas Fhitung < dari 0,05 (0,000 > 0,05) dan kontribusi pengaruh motivasi kerja, disiplin kerja, dan etos kerja terhadap produktivitas kerja karyawan CV. Putri Bakery sebesar 0,568 atau 56,8%.

References

1. Astadi Pangarso, Putri Intan Susanti. 2016. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Biro Pelayanan Sosial Dasar Sekertariat Daerah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Tahun 9. No. 2
2. Faslah, Roni. 2013. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pada Karyawan PT. Kabelindo Murni, Tbk. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (JPEB) Vol. 1 No. 2. ISSN: 2302-2663.
3. Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
4. Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
5. Hamali, Arif Yusuf. 2013. Pengaruh Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja: Studi Kasus Pada PT X Bandung. Journal The Winners. Vol. 14 No.2 Hal: 77-86.
6. Hafid, Ayu Puspitawati, Moh. Aris Pasigai, dan Muh. Nur Rasyid. 2018. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Rakyat Sul-Sel Intermedia Kota Makasar. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Volume 2 No. 2.
7. Helmiatin. “Optimalisasi Peran Modal Intelektual Terhadap Kinerja Karyawan.” Etikonomi, vol.14 no.1 (April 2015).
8. Huda, M. M., & Windrayadi, Y. D. P. (2020). Kajian Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Penambang Batu Kapur Di Desa Leranwetan Kecamatan Palang. OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi, 1(02), 18-23.
9. Ningsih, Yulia, Anggo Rudi, dan Yudi Rafandi. 2017. Analisis Pengaruh Etos Kerja, Lingkungan Kerja, dan Kompetensi Karyawan Terhadap Produktivitas Kerja (Studi Kasus Pada PT Indosat Tbk Pangkalpinang). JIPMB. Vol. 17. Nomor 2. ISSN 2354-5682.
10. Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2021-03-31
Section
Articles