PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI CAR WASH ONE DRIVE KOTA TUBAN

  • Candra Aeni FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Dumiyati Dumiyati FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Mario Fahmi Syahrial FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
Keywords: Kepuasan Konsumen; Tangible; Responsivenses; Empaty; Assurance

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Car Wash One Drive di Tuban, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada Car wash One Drive di Tuban. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Car Wash One Drive di Tuban. Sampel dalam penelitian ini ditentukan 50 orang responden. Penelitian ini dilaksanakan diperusahaaan Car Wash One Drive Tuban Jl. Letda Sucipto No 8 Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier berganda dan data tersebut dianalisis menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis menggunakan program SPSS terbukti bahwa bersama – sama variabel Tangible, Reability, Responsivenees, Empaty dan Assurance berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Car Wash One Drive di Tuban. Ini dibuktikan dengan T hitung sebesar 9,340 dengan nilai signifikan 0.00 < 0,05 untuk variable Tangible, untuk variabel Reability dan T hitung sebesar 3.664 dengan nilai signifikan sebesar 0.508 < 0,05, untuk variabel Responsisvenees T hitung sebesar 2.559 dengan nilai signifikan 0,577 < 0,05, untuk variable Emphaty T hitung sebesar 2.436 dengan nilai signifikan 0,664, untuk variable Assurance T hitung sebesar 4.847 dengan signifikan 0.000. secara simultan kualitas pelayanan yang terdiri dari variable Tangible, Reability, Responsisvensees, Emphaty, Assurance, berpengaruh sugnifikan terhadap kepuasan konsumen Car Wash One Drive di Tuban, ini dibuktikan dengan F hitung sebesar 90.709 dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Nilai R sebesar 0.916, berarti hubungan keeratan secara bersama – sama antara variable dependen dan independent sangat kuat karena R berada diantara 0,80 – 1,000. Nilai Adjust Rsquare 0,830 yang artinya 83.0 % dari Tangible, Reability, Responsivensees, Emphaty, Assurance mempengaruhi terjadinya kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Car Wash One Drive di Tuban.

References

Alma, Bukhari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : CV. Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariance dengan Program SPSS, Universitas Diponegoro, Semarang.
Irawan, Handi. 2010. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo.
. 2011, Manajemen Personalia, PT. Cipta Anugerah, Jakarta.
Kotler, Philip – Heyes – dan Bloom. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Lupiyoadi, Rambat. 2012. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktek, Edisi Pertama. PT. Salemba Empat. Jakarta.
. 2010Manajemen Pemasaran Jasa, Penerbit Salemba Empat.
Tjipto etal. 2010. Manajemen Pelayanan Umum Indonesia. Bumi Aksara, Jakarta.
Santoso. 2012. Marketing Manajemen, Analisys, Planning, Implementation, and control,
Sentana, Aso. 2010. Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Sianipar, J.R.G. 2011. Manajemen Pelayanan Masyarakat. LAN-Republik Indonesia, Edisi ke 2 Jakarta.
Sugiyono. 2009. Metodelogi Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung
Sutojo, Siswanto. 2010. Meningkatkan Jumlah dan Mutu Pelanggan, PT. Damar Dalia Pustaka. Jakarta.
Tjiptono, Fandy. 2011. Strategi Bisnis dan Manajemen. Yogyakarta. 2011.
. 2010. Marketing Sales. Andi Offst. Yogyakarta.
Yoeti, Oka. A. Customer Service. 2012. Cara Efektif Memuaskan Pelanggan. Jakarta Pradnya Paramita.
Published
2020-03-06
Section
Articles