STRATEGI PEMASARAN JASA SERVICE KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA CV. PRIMA TEKNOLOGI)

  • Yulia Eka Putri Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Suwarno Suwarno Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
Keywords: strategi pemasaran; jasa service; loyalitas pelanggan

Abstract

Pertama kali pemerintah mengungkapkan bahwa Indonesia telah terinfeksi virus corona pada tanggal 2 Maret 2020. Tak hanya menciptakan krisis kesehatan masyarakat, pandemi Covid-19 telah berhasil mengguncangkan berbagai sektor usaha global dari perusahaan besar hingga ke usaha-usaha kecil. CV. Prima Teknologi merupakan salah satu perusahaan di bidang jasa service komputer (laptop, cctv, printer,dll) yang termasuk usaha kecil menengah, bertempat di Jalan Raya Meraurak No 110, Meraurak-Tuban. Setiap perusahaan pasti mempunyai keunggulan untuk mempertahankan usahanya agar pelanggan tetap menggunakan produk/jasa yang ditawarkan dan memiliki kepercayaan pada perusahaan. Oleh karena itu perusahaan harus meningkatkan kualitas pelayanan supaya pelanggan tidak tertarik pada perusahaan lain di bidang yang sama. Tujuan di adakan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran jasa service komputer dalam meningkatkan loyalitas pelanggan di masa pandemi covid-19 pada CV. Prima Teknologi.

Penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu berdasarkan pertimbangan tujuan yang telah ditetapkan oleh peneliti. Sehingga penelitian ini yang di wawancara adalah pemilik, kayawan dan pelanggan CV. Prima Teknologi. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian, penulis memperoleh hasil bahwa CV. Prima Teknologi menggunakan strategi pemasaran jasa service dalam meningkatkan loyalitas pelanggan menggunakan produk jasa,tarif jasa, tempat jasa, promosi jasa, proses jasa, orang/ karyawan, bukti fisik.

References

1. Atmoko, Prasetyo Hadi. (2018). StrategiPemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Yogyakarta: Journal of Indonesian Tourism, Di akses 7 Mei 2021.
2. Budiono, Mariono. 2014. STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA JASA SERVICE AC MENGGUNAKAN METODE SWOT (Studi Kasus Pada CV. Wahyu Putra Teknik. Di akses 17 Mei 2021.
3. Fatihudin, Didin & Firmansyah. (2019). Pemasaran Jasa (STRATEGI, MENGUKUR KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN).Yogyakarta: Budi Utama.
4. Gisca Brilien Purbasani. 2021. Pengembangan Desain Pembelajaran Strategi Pemasaran Home Industri Ringan (Studi Kasus Keripik Gerus Ds. Prunggahan Wetan Kec. Semanding Kab. Tuban).
5. Hermanto. (2019). FAKTOR PELAYANAN, KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN. Surabaya: Jakad Publishing. Di akses 11 Mei 2021. https://kompaspedia.kompas. id/baca/paparan-topik/ekonomi- indonesia-pada-masa-pandemi-covid- 19-potret-dan-strategi-pemulihan-2020- 2021, di akses 20 Mei 2021.
6. Jogloabang. (2019). UU 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan. Yogyakarta,di akses 15 Mei 2021.
7. Moleong, Lexy J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
8. Purwanto, Antoniuso.(2021). Ekonomi Indonesia Pada Masa Pandemic Covid-19: Potret Dan Strategi Pemulihan 2020-2021.
9. Siyam, Fitriani Fadhilatus And Chasanah, Uswatun. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Dimediasi Kepuasan Pelanggan Jasa Servis (Studi Empiris Jasa Servis Komputer Di Three Media Computer Yogyakarta), di akses 15 Mei 2021.
10. Wijayanti, Tutut. 2018. Implementasi Strategi Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Studi Kasus Pada PT Industri Marmer Indonesia Tulungagung. di akses 17 Mei 2021.
Published
2021-12-30
Section
Articles