VALIDASI PENGEMBANGAN LITERASI PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X DI SMA MAZRA’ATUL ULUM PACIRAN

Authors

  • Siti Maemunah Unirow Tuban
  • Suwarno Suwarno

Keywords:

Media Pembelajaran, Modul Berbasis Project Based Learning, Pelajaran Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk, berupa Media pembelajaran Ekonomi khususnya materi masalah pokok ekonomi dalam sistem ekonomi  berbasis Project Based Learning agar memudahkan serta memotivasi siswa saat mengikuti pembelajaran dikelas. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan menggunakan model Borg & Gall (digagas oleh Sugiyono dalam Meikahani dan Kriswanto (2015:18). Model ini mempunyai 7 tahap pengembangan yaitu Identifikasi potensi dan masalah, Pengumpulan data, Desain produk, Validasi desain , Revisi Desain , Revisi Produk , Produk Jadi. Kemudian jenis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan kualitatif deskriptif dengan skala likert, instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis . Dalam hal ini peneliti mengembangkan modul pembelajaran yang kemudian diuji oleh tiga Ahli Validasi, yaitu validasi materi, validasi bahasa, dan validasi media.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangakan literasi pembelajaran ekonomi berbasis Project Based Learning di kelas X SMA Mazra’atul Ulum Paciran  Hasil uji validasi menunjukan bahawa instrument valid digunakan untuk penelitian dengan nilai pencapaian dari ahli materi yaitu sangat valid dengan hasil 94%, dari ahli media didapatkan sangat valid dengan hasil 81% , dan dari ahli bahasa didapatkan valid dengan hasil  80%. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul pembelajaran berbasis Project Based Learning Sangat Valid, praktis dan efektif untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, F., Ibda, H. (2018) Media Literasi Sebuah Teori dan Pratik, CV Pilar Nusantara, Diakes pada 1 Juli 2020.

Budiharto, B,. Triyono, T., & Suparman, S, (2018) Literasi Sekolah sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas pendidikan SEUNEBOK LADA: Jurnal ilmu- ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 5(2) 153-166.

Wilujeng Zuni Rahayu,.2020. Validasi Pengembangan Literasi Pembelajaran Prakarya berbasis Project Based Learning Pada Siswa Kelas X Di SMA MAZRA’ATUL ULUM Paciran.

Aghytia Syvi N,.2020. Pengembangan petunjuk praktikum dengan pendekatan saintifik pada pelajaran prakarya dan kewirausahaan Kelas X MA Manbail Futuh Beji.

Mustika Nanda A,. N.2020. Validasi Pengembangan Modul Pembelajaran E-book Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Prakarya Kelas XI Di SMA Negeri 1 Paciran.

Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif Dan R&D. Edisi 2, Bndung:Alfabeta
Teguh, M. 2017. Gerakan Literasi Sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Vol. 15,pp 18-26, Diakses 12 juli 2021.

Sari, Dwi Melia., Rachmawati. Lucky. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Project Based Learning pada KD mendeskripsikan Bank sentral,

Ahmadi, F., dan Ibda, H 2018 Media Literasi Sekolah: Teori dan Ptraktik CV, Pilar Nusantara, Diakses 2 Juli 2021 .

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Maemunah, S., & Suwarno, S. (2022). VALIDASI PENGEMBANGAN LITERASI PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X DI SMA MAZRA’ATUL ULUM PACIRAN. OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan Dan Koperasi, 3(01), 07–10. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/oportunitas/article/view/424