PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI TELEGRAM SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19

  • Yosia Dian Purnama Windrayadi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Muhammad Yusuf Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
Keywords: e-learning, Pembelajaran, telegram

Abstract

Adanya pandemi Virus Covid-19 berdampak pada berbagai bidang, salah satunya pendidikan.Dalam dunia pendidikan, perubahan metode mengajar pun harus dilakukan secara daring. Mahasiswa dan dosen diimbau untuk melakukan proses belajar mengajar melalui metode jarak jauh. Hal ini mendatangkan efek positif maupun kekurangan yang perlu dibenahi. Maka dari itu suatu keniscayaan apabila e-learning harus dilaksanakan secara masif karena bersifat fleksibel dan lebih mudah diakses. Namun, di sisi lain metode e- learning juga mengurangi interaksi dosen dan mahasiswa serta antarmahasiswa. Keadaan seperti ini menuntut para dosen untuk lebih selektif dan kreatif dalam memilih metode apa yang akan digunakan dan diterapkan kepada mahasiswa, sehingga mahasiswa tidak merasa cepat bosan ketika menerima materi dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dosen. Di sinilah peran dosen sangat diperlukan, mereka harus tetap menjalankan tugas profesinya.. Semua itu bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun dengan memanfaatkan aplikasi mobile yaitu telegram. Nilai akhir yang didapat secara keseluruhan dari ahli media  mencapai 87,6%  yang menempati kriteria Sangat Kuat atau Sangat Baik. Nilai akhir yang didapat secara kesuluran dari ahli materi mencapai 92,5% yang menempati kriteria Sangat Kuat atau Sangat Baik. Nilai akhir yang didapat secara kesuluran dari responden mencapai 86,47% yang menempati kriteria Sangat Kuat atau para responden Sangat Setuju menggunakan media telegram ini digunakan sebagai penunjang pembelajaran.

References

[1] S. Aditia, “Inovasi Pembelajaran Berbasis Aplikasi Mobile Pada Masa Pandemi Covid- 19,” Inov. Pembelajaran Berbas. Apl. Mob. Pada Masa Pandemi Covid-19, vol. 2, no. 2, pp. 3–5, 2020.

[2] J. Amajida, Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Himpunan Siswa Kelas Vii Di Mts Nu Hasyim Asy ’ Ari 03 Kudus Skripsi Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Himpunan Siswa Kelas Vii Di Mts Nu Hasyim Asy ’ Ari 03 Kud. 2021.

[3] A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

[4] F. Ramadhan, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Dengan Bot Api Media Sosial Telegram Di Akademi Farmasi Surabaya,” It-Edu, vol. 2, no. 02, 2017.

[5] S. Hikmah, “Efektifitas E-Learning Madrasah dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di MIN 1
Rembang,” J. Edutrained J. Pendidik. dan Pelatih., vol. 4, no. 2, pp. 73–85, 2020, doi: 10.37730/edutrained.v4i2.81.

[6] M. M. Huda and Y. D. P. Windrayadi,
“KAJIAN KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PENAMBANG BATU KAPUR DI DESA LERANWETAN
KECAMATAN PALANG,” OPORTUNITAS
J. Pendidik. Ekon. Manajemen, Kewirausahaan dan Kop., vol. 1, no. 02, pp. 18–23, 2020.

[7] E. Ismanto, M. Novalia, and P. B. Herlandy, “Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Sma Negeri 2 Kota Pekanbaru,” J. Pengabdi. UntukMu NegeRI, vol. 1, no. 1, pp. 42–47, 2017, doi: 10.37859/jpumri.v1i1.33.

[8] N. Nana, “Pengembangan Inovasi Modul Digital dengan Model POE2WE Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Daring di Masa New Normal,” Pros. SNFA (Seminar

Nas. Fis. dan Apl., vol. 5, pp. 167–176, 2020, doi: 10.20961/prosidingsnfa.v5i0.46607.

[9] Y. D. Purnama and W. Windrayadi,
“TINGKAT PROFESIONALITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO,” J.
Pendidik. Ekon., vol. 10, no. 1, pp. 46–51,
2017, doi: 10.17977/um014v10i12017p046.

[10] B. Tompo, “Pesona Bot telegram: Membuat Bot Pembelajaran dan Bonus Puluhan Edukasi, Utilites, Social, Game dan Hiburan.” p. 1, 2018.

[11] P. Windrayadi and Y. Dian, “Proses kreatif guru dalam pembelajaran ekonomi,” DISERTASI dan TESIS Progr. Pascasarj. UM, 2016.

[12] A. Wilson, “Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi Berbasis Android saat Pandemi Global,” SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 5, no. 1, 2020, doi: 10.30998/sap.v5i1.6386.

[13] T. N. Chahyanto and M. Eng, “Media Pembelajaran Dengan Aplikasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Di Kelas Xi Sma Muhammadiyah 1 …,” 2019, [Online]. Available: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/77970.

[14] F. Fifit, “Penggunaan Telegram Sebagai Media Komunikasi Dalam Pembelajaran Online,” Cakrawala-Jurnal Hum., vol. 20, no. 2, p. 113, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ca krawala/article/view/8935.

[15] A. Ramdani, A. W. Jufri, and J. Jamaluddin, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi
Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik,” J. Kependidikan J. Has.
Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 6, no. 3, p. 433, 2020, doi: 10.33394/jk.v6i3.2924.
Published
2021-12-30
Section
Articles