PENGARUH MOTIVASI, KEBIASAAN BELAJAR, SARANA BELAJAR, DAN GAYA MENGAJAR GURU PADA PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA MA MANBAIL FUTUH JENU TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Siti Khumaidah MA Manbail Futuh Jenu
  • Misbah Misbah SMAN 1Plumpang

Keywords:

Motivasi; Kebiasaan; Sarana; Gaya Mengajar Guru; Prestasi Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Pengaruh  motivasi  berprestasi  terhadap  hasil  belajar   siswa  kelas  X  MA Manbail Futuh Jenu.  2. Pengaruh  kebiasaan  belajar  dalam  prasarana  belajar  terhadap  hasil  belajar  kelas  X MA Manbail Futuh . 3. Pengaruh motivasi  belajar  terhadap  gaya  mengajar  guru  pada  kelas  X  MA MANBAIL FUTUH JENU. 4.Untuk  mengetauhi bagaimana pengaruh kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas  X  di  MA Manbail Futuh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif assosiatif kuantaitatif metode survei, Teknik pengabilan data menggunakan lembar observasi. Pengmbilan sampel dilakukan dengan metode proportional random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA MANBAIL FUTUH JENU berjumlah 136 siswa. Menurut Slovin dengan presisi 10% jadi sampel yang diambil adalah 58 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier parsial dan simultan dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukakan bahwa  Motivasi (X1) terhadap Prestasi Hasil Belajar (Y) sebesar 50,4%, pengaruh Kebiasaan Belajar (X2) terhadap Prestasi Hasil Belajar (Y) sebesar 51,7% , dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat sarana belajar terhadap prestasi hasil belajar siswa MA MANBAIL FUTUH JENU terendah sebesar 45,1 %, bahwa pengaruh Gaya Mengajar Guru (X4) terhadap Prestasi Hasil Belajar (Y) sebesar 47,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfida Salsabila. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Diklat Akuntansi Perusahaan Dagang siswa kelas XII Prpgram Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi: Pendidikkan Akuntansi FE UNY.
Ali, Muhammad. 2010. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido.
Arikunto, Suharsimi. 2013. PROSEDUR PENELITIAN: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Baharudin. 2010. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Capriana Yunarsih. 2010. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Tentang Cara Guru Mengajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK N 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi: FISE UNY.
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.
Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. 2008. Pesikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ginting, Abdurrahman. 2008. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
N.K Roestiyah. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Priyatno, Duwi. 5 Jam Belajar Olah Data Dengan SPSS 17. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Profil SMK Darul Ma’ma Plandirejo Plumpang Tuban. (www.smkdarulmawa tuban .sch.id diakses pada 11 mei 2018).
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suparman. 2010. Gaya Mengajar Yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers Persada.
Thoifuri. 2013. Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Media Campus.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wicaksono, Pekik.2012 “Pengaruh Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Prambanan. Yogyakarta: Program Studi Pend. Teknik Elektronika. UNY. (http :// eprints.uny.ac.id/16081/1/SKRIPSI-PEKIK%20WICAK SONO-10502247008-PEND TEKNIK.pdf diakses pada 29 Februari 2018) .

Downloads

Published

2020-03-06

How to Cite

Khumaidah, S., & Misbah, M. (2020). PENGARUH MOTIVASI, KEBIASAAN BELAJAR, SARANA BELAJAR, DAN GAYA MENGAJAR GURU PADA PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA MA MANBAIL FUTUH JENU TAHUN PELAJARAN 2017/2018. OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan Dan Koperasi, 1(01), 42–49. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/oportunitas/article/view/130