PENGARUH MOTIVASI, KEBIASAAN BELAJAR, SARANA BELAJAR, DAN GAYA MENGAJAR GURU PADA PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA MA MANBAIL FUTUH JENU TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Kata Kunci:
Motivasi; Kebiasaan; Sarana; Gaya Mengajar Guru; Prestasi Hasil Belajar.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Manbail Futuh Jenu. 2. Pengaruh kebiasaan belajar dalam prasarana belajar terhadap hasil belajar kelas X MA Manbail Futuh . 3. Pengaruh motivasi belajar terhadap gaya mengajar guru pada kelas X MA MANBAIL FUTUH JENU. 4.Untuk mengetauhi bagaimana pengaruh kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X di MA Manbail Futuh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif assosiatif kuantaitatif metode survei, Teknik pengabilan data menggunakan lembar observasi. Pengmbilan sampel dilakukan dengan metode proportional random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA MANBAIL FUTUH JENU berjumlah 136 siswa. Menurut Slovin dengan presisi 10% jadi sampel yang diambil adalah 58 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier parsial dan simultan dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukakan bahwa Motivasi (X1) terhadap Prestasi Hasil Belajar (Y) sebesar 50,4%, pengaruh Kebiasaan Belajar (X2) terhadap Prestasi Hasil Belajar (Y) sebesar 51,7% , dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat sarana belajar terhadap prestasi hasil belajar siswa MA MANBAIL FUTUH JENU terendah sebesar 45,1 %, bahwa pengaruh Gaya Mengajar Guru (X4) terhadap Prestasi Hasil Belajar (Y) sebesar 47,7%.
Unduhan
Referensi
Ali, Muhammad. 2010. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido.
Arikunto, Suharsimi. 2013. PROSEDUR PENELITIAN: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Baharudin. 2010. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Capriana Yunarsih. 2010. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Tentang Cara Guru Mengajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK N 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi: FISE UNY.
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.
Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. 2008. Pesikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ginting, Abdurrahman. 2008. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
N.K Roestiyah. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Priyatno, Duwi. 5 Jam Belajar Olah Data Dengan SPSS 17. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Profil SMK Darul Ma’ma Plandirejo Plumpang Tuban. (www.smkdarulmawa tuban .sch.id diakses pada 11 mei 2018).
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suparman. 2010. Gaya Mengajar Yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers Persada.
Thoifuri. 2013. Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Media Campus.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wicaksono, Pekik.2012 “Pengaruh Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Prambanan. Yogyakarta: Program Studi Pend. Teknik Elektronika. UNY. (http :// eprints.uny.ac.id/16081/1/SKRIPSI-PEKIK%20WICAK SONO-10502247008-PEND TEKNIK.pdf diakses pada 29 Februari 2018) .