ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE MS GLOW PADA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIROW TUBAN

Penulis

  • Nuraini Unirow Tuban
  • Arif Unwanullah Unirow Tuban

Kata Kunci:

citra merek ; harga ; persepsi kualitas ; keputusan pembelian.

Abstrak

Era globalisasi mendorong bermunculnya produsen baru yang menjual barang-barang yang sejenis. Banyaknya perusahaan menjadikan konsumen  lebih selektif dalam memilih setiap produk yang beredar di pasar, khususnya  kebutuhan  disegmen  perawatan  kecantikan.  Berbagai kriteria  dan  penilaian  konsumen terhadap produk  skincare  seperti citra  merek, harga dan persepsi  kualitas menjadi pertimbangan  dalam pembelian skincare. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial citra merek, harga dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian serta  pengaruh secara simultan antara citra merek, harga dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner kepada 105 orang mahasiswa FKIP Unirow Tuban yang menggunakan produk MS GLOW sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel  yang  digunakan  adalah  purposive  sampling.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan  meliputi  uji validitas, reliabilitas,  uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, linieritas,   multikolinearitas dan heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji, uji F dan koefisien determinasi.  Berdasarkan  analisis  data,  hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  indikator -indikator  dalam penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data berdistribusi normal, terdapat hubungan linier antar variabel, tidak terjadi multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Pada uji hipotesis uji t diketahui variabel  citra  merek  thitung  sebesar  3,315  sedangkan  nilai  ttabel  sebesar  1,659  berpengaruh  terhadap keputusan pembelian, variabel harga diperoleh nilai thitung sebesar   2,852 sedangkan nilai ttabel sebesar

1,659 berpengaruh terhadap keputusan  pembelian, dan variabel  persepsi kualitas diperoleh nilai thitung sebesar 3,298 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,659 berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pada uji F diketahui bahwa variabel citra merek, harga dan persepsi kualitas secara bersama-sama diperoleh fhitung sebesar 50,365 dari ftabel sebesar 3,09 dengan signifikansi sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05 berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto,S.2002. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Audina,Ipa dan Wahyu Hidayat. 2017.

Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Masker Wajah Mustika Ratu (Studi Kasus Konsumen Kec. Tembalang Kota Semarang)

Durrianto,Darmadi.2004. Brand Equty Ten

Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ferrinadewi,Erna.2008.Merek dan Psikologi

Konsumen.Yogyakarta:GrahaIlmu.

Kotler Dan Philip.2011. Management Pemasaran Di Indonesia (Edisi 1). Jakarta : Selemba Empat.

Kotler, P., & Keller, K .L. 2012. Marketting Management.Jakarta:PT.Indeks Kelompok Gramedia

Kotler,Amstrong. 2016. Principles Of

Marketing Sixteenth Global Edition

.England: Person Education Limited. Kotler,keller.2016. Marketing Management 15e

Global Edition. England: Pearson

Education Limited. Manorek,S.L.2016.The Influencer of Brand

Image, Advertising, Perceid Price toward Customer Purchase Intention (Case Study : Samsung Smartphone).

(1), 661-670.

Stanton,Robert.2007. Teori Fiksi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung

:Alfabeta.

https://msglowbeautyid.com/sejarah-berdiri-

dan-suasana-pabrik-ms-glow

https://www.deusbaliblog.co.id/2020/kecantika

n/inilah-sejarah-berdiri-dan-dua-profil-

pemilik-ms-glow/

https://m.bisnis.com/amp/read/20200912/88/12

/ini-rahasia-sukses-pemasaran-

produk-kosmetik-ms-glow

Diterbitkan

2022-09-02

Cara Mengutip

Nuraini, & Arif Unwanullah. (2022). ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE MS GLOW PADA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIROW TUBAN. OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan Dan Koperasi, 3(01). Diambil dari http://journal.unirow.ac.id/index.php/oportunitas/article/view/462

Terbitan

Bagian

Articles