ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN BERDASARKAN PEKERJAAN ORANG TUA
Kata Kunci:
berpikir kreatif; pekerjaan orang tua; pembelajaran kewirausahaanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh secara parsial variabel pekerjaan orang tua terhadap kemempuan berpikir kreatif dalam pembelajaran kewirausahaan mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe Tuban. Metode dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif karena data dianalisis menggunakan statistik sehingga memperoleh data yang berbentuk angka-angka yang tersusun secara sistematik kemudian mendeskripdikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan memberi pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara pekerjaan orang tua terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran kewirausahaan Mahasiswa UNIROW Tuban karena angka koefisien positif menunjukka hubungan positif yaitu sebesar 0,534 dengan signifikansi didapat sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak. Hasil penelitian ini juga menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pekerjaan Orang Tua terhadap Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Kewirausahaan Mahasiswa UNIROW Tuban karena nilai konstanta (a) adalah 31,890; artinya, jika Pekerjaan Orang Tua bernilai 0 (nol), maka Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Kewirausahaan bernilai positif (naik), yaitu 31,890. Nilai koefisien regresi variabel Pekerjaan Orang Tua (b) bernilai positif, yaitu 0,938; ini dapat diartikan bahwa setiap kenaikan Pekerjaan Orang Tua sebesar 1, maka Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Kewirausahaan juga meningkat sebesar 0,938. Ho ditolak karena nilai t hitung > t tabel (5,716 > 1,989) dan signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05).
Unduhan
Referensi
Abdullah, Sani. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Adisasmita, Rahardjo. 2015, “Pembangunan Wilayah”. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ahmadi, 2013, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Anoraga, Pandji. 2014. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Cecilia Vemmy. S. 2012. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha Siswa SMK Program Studi Keahlian Teknik Otomotif di Kabupaten Tabalog-Kalimantan Selatan.” Tesis. Tidak diterbitkan. Yogyakara: PPS UNY. Diakses pada tanggal 30 juni 2021,pukul 21:34 (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1022)
Endyah Murniati. (2012). Pendidikan dan Bimbingan Anak Kreatif. Surabaya: Pedagogig.
Fahmi, Irham. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Munandar, Utami. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineaka Cipt).
Nurbayani, Etty 2012. Penilaian Acuan Patokan (PAP) di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Vol. 1, No.12.
Sugiartono. (2013).Psikologi Pendidikan. Yogyakarta:UNY Press
Sugiyono. 2016. Metode penelitiam kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiartono. (2013).Psikologi Pendidikan. Yogyakarta:UNY Press
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Munir, S., Merlinda, S., Soesilo, Y. H., & Windrayadi, Y. D. P. (2021). Experience-Based Learning Models in Entrepreneurship Courses: An Innovation to Promote Entrepreneurship Based on Local Wisdom. KnE Social Sciences, 341-350.