PROSES KONEKSI MATEMATIKA SISWA IMPULSIF DI SMP NEGERI 5 TUBAN

Authors

  • Imam Saifuddin

Keywords:

koneksi matematika, gaya kognitif impulsif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi proses koneksi matematika siswa SMP Negeri 5 Tuban yang memiliki gaya kognitif impulsif dalam memecahkan masalah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian bersifat kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah dua siswa dari 34 siswa di kelas VIII SMP Negeri 5 Tuban. metode pengumpulan data dilakukan melalui, MFFT, tes koneksi matematika dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah proses koneksi matematika siswa SMP Negeri 5 Tuban yang memiliki gaya kognitif impulsif dalam memecahkan masalah mempunyai karakteristik kurang cermat dalam mengerjakan soal. Siswa impulsif membutuhkan waktu relatif lebih singkat dalam menyelesaikan soal. Mereka cenderung langsung mengerjakan tanpa banyak pertimbangan, tidak melalui tahap merencanakan penyelesaian, buram perhitungan yang cenderung hanya sedikit, serta enggan memeriksa kembali penyelesaian yang telah ditemukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, M. M. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Journal Technology an Education. Vol 12. No 2.
Bergeson, T. (2000). Teaching and Learning Mathematics: Using Research to Shift From the “Yesterday” Mind to the “Tommorow” Mind. Journal Technology an Education. Vol 12. No 2.
Frastica, Z. R. (2013). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Pendekatan Open-Ended pada Siswa SMP Ditinjau dari Perbedaan Gender. Journal Technology an Education. Vol 12. No 2.
Hadi. (2003). Mengapa PMI? Buletin PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) edisi I.
Kagan, J.; Kogan N. (1970). Individual Variation in Cognitive Process. Carmichael’s Manual of Child Psychology (3rd ed. Vol. 1) Wiley New York.
Linto, R. L.; Elmiati, S.; Rizal, Y. (2012). Kemampuan Koneksi Matematis dan Metode Pembelajaran Quantum Teaching dengan Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1 No. 1 Hal. 83-87.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM
Polya, G. (1973). How To Solve It A new Aspect Of Mathematical Method. By Princeton University Press.
Rahman, A. (2008). Analisis Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Kognitif Secara Psikologis Dan Konseptual Tempo Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Makasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, No. 072, Tahun ke-14, Mei. 452-473.
Rahmatina, S. (2014). Tingkat Berfikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).
Romli, M. (2016). Profil Koneksi Matematika Siswa Perempuan SMA dengan Kemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal of Mathematics Education, Science and Technology, Vol. 1,No. 2, Hal 8-27.
Sapti, M. (2010). Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran SAVI). Journal Technology an Education. Vol 12. No 2.
Sugiman, (2008). Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Warli. (2010). Profil Kreativitas Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif dalam Memecahkan Masalah Matematika. Disertasi. PPs UNESA Surabaya.

Downloads

Published

2017-05-30

How to Cite

Saifuddin, I. (2017). PROSES KONEKSI MATEMATIKA SISWA IMPULSIF DI SMP NEGERI 5 TUBAN. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 21–26. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/17