ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR

Authors

  • Imam Saifuddin

Keywords:

langkah Polya, menyelesaikan soal matematika, operasi bentuk aljabar

Abstract

Materi operasi bentuk aljabar menjadi fokus dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif, bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa ditinjau dari kesalahan menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar menurut Newman yang digolongkan menjadi enam tipe kesalahan, yaitu 1) Reading error, 2) Reading comprehension difficulty, Transform error, 4) Weakness in process skill, 5) Encoding Error, dan 6) Careless error. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D SMP Negeri 5 Tuban. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan tes. Berdasarkan dokumen hasil tes siswa dan hasil wawancara, menunjukkan bahwa siswa kesulitan mengerjakan tes karena: 1) siswa tidak teliti dalam memahami soal, 2) siswa tidak dapat membedakan suku-suku sejenis, 3) siswa tidak mahir dalam menyelesaikan operasikan bentuk aljabar, dan 4) siswa kesulitan menuliskan kalimat matematika dari soal cerita, dan 5) siswa tidak teliti dalam menyelesaikan soal. Solusi yang ditawarkan peneliti adalah dengan menggunakan langkah-langkah penyelesaiaan masalah dari Polya, yaitu 1) memahami masalah , 2) merencanakan penyelesaian masalah, 3) melaksanakan penyelesaian masalah, dan 4) memeriksa kembali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto Suharsini. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto Suharsini. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ni’mah, Rohmawati, D. (2009). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus. Skripsi tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Malau, L. (1996). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa Kelas I SMU Kampus Nommense Pematang Siantar dalam Menyelesaikan Soal-Soal Terapan Siswa Persamaan Linier 2 Variabel. Tesis tidak Diterbitkan. Malang: IKIP Malang.
Polya. (1973). How To Solve It. A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Princeton University Press
Prakitipong dan Nakamura. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education, Vol.9, No.1, (2006) pp.111 - pp122. Hiroshima University
Sahriah, Sitti dkk. (2011). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Metematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang Nomor 5.
Singh, Parmjit. (2010). The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Tasks: A Malaysian Perspective. International Conference on Mathematics Education Research 2010 (ICMER 2010). Malaysia: University Technology MARA.
Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Kesalahan Prosedur Newman Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi Vol.13 No.1(2014) p58 – p64 Pendidikan. Ngawi.
Suherman, Eman. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung:Kerjasama JICA dengan FMIPA UPI
Uno, Hamzah B. (2006). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuni. (2011). Langkah-langkah Penyelesaian Masalah Verbal Soal Cerita pada Materi Aljabar

Downloads

Published

2017-11-27

How to Cite

Saifuddin, I. (2017). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 115–124. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/24