Perspektif Berpikir Rasional, Berpikir Kritis, dan Kecerdasan dalam Pembelajaran : Sebuah Review
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v9i1.1122Kata Kunci:
berpikir rasional, berpikir kritis, kecerdasanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang perspektif berpikir rasional, berpikir kritis dan kecerdasan dalam pembelajaran yang merupakan kajian dari buku Innovations in Educational Psychology: Perspectives on Learning, Teaching, and Human Development karya Robert J. Sternberg, PhD and David D. Preiss, PhD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (library research). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa hasil dari penelitian seperti buku, jurnal ilmiah, laporan penelitian, serta sumber lain yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berpikir kritis adalah upaya mengevaluasi proses berpikir, kemampuan untuk mengevaluasi bukti dan argumen secara independen. (2) Dalam berpikir kritis didasarkan pada rasionalitas. (3) dalam pemikiran rasional ada persyaratan kapasitas kognitif, pikiran reflektif dan mindware. (4) dalam berpikir rasional ada rasional instrumental dan rasional epistemik. (5) karakteristik dalam berpikir rasional meliputi tiga hal yaitu pikiran reflektif, pikiran algoritmik dan pikiran otonom. (6) rasionalitas adalah konstruksi yang lebih menyeluruh daripada kecerdasan. Demikian juga, konstruk berpikir kritis termasuk dalam konstruk rasionalitas.
Unduhan
Referensi
Eddy Saputra. “Alternatif Pendidikan Non Formal Dalam Meningkatkan Akhlak Pada Anak Melalui Pendidikan Berbasis Masjid” (2019).
Khijjah, Nihayatul. “ANALISIS BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF DALAM PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS.” Masters, Universitas Muhammadiyah Malang, 2020. Accessed April 28, 2022. https://eprints.umm.ac.id/60515/.
Kurniawan, Nanda Alfan, Nur Hidayah, and Diniy Hidayatur Rahman. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 6, no. 3 (March 29, 2021): 334–338. Accessed April 28, 2022. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/14579.
Leonard, Leonard, and Niky Amanah. “Pengaruh Adversity Quotient dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Matematika” 28, no. 1 (January 10, 2017). Accessed April 28, 2022. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/repository/article/view/1049.
Moleong J lexy. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. 13th ed. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Nuraida, Dede. “PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN.” Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran 4, no. 1 (May 9, 2019): 51–60. Accessed April 28, 2022. http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/47.
NURU RAUF. “ANALISIS GAYA BERPIKIR MENURUT ROBERT JEFFREY STERNBERG PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI AMBON” (2020).
Pasek, Nyoman Suadnyana. “PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL PADA PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KECERDASAN EMOSI DAN KECERDASAN SPIRITUAL SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI.” JIA (Jurnal Ilmiah Akuntansi) 1, no. 1 (March 24, 2017). Accessed April 28, 2022. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIA/article/view/9983.
Purnomo, Sidik. “OTAK RASIONAL DAN OTAK INTUITIF DALAM PENDIDIKAN ISLAM.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 9, no. 2 (December 31, 2019): 265–276. Accessed April 28, 2022. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/4211.
Robert J. Sternberg, PhD and David D. Preiss, PhD. Innovations in Educational Psychology: Perspectives on Learning, Teaching, and Human Development. New York: Springer Publishing Company, 2010.
Sakinah, Lailatul. “Bentuk Kecerdasan Tokoh Kucing Dalam Dongeng Le Chat Botté Karya Charles Perrault.” Sarjana, Universitas Brawijaya, 2018. Accessed June 13, 2022. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10467/.
Shanti, Widha Nur, Dyahsih Alin Sholihah, and Adhetia Martyanti. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Posing.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 8, no. 1 (September 5, 2017): 48–58. Accessed April 28, 2022. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/460.
“Dosen Tetap Pada Interdisciplinary Islamic Studies Psikologi Pendidikan Islam Fakultas Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,” n.d.
“Mahasiswa Interdisciplinary Islamic Studies Psikologi Pendidikan Islam Fakultas Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,” n.d.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.