Studi Literatur: Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Penulis

  • Edy Nurfalah
  • Muhammad Miftahur Rizal Ansori Unirow Tuban

DOI:

https://doi.org/10.55719/jt.v9i1.1137

Kata Kunci:

pembelajaran membalik kelas, model flipp

Abstrak

Penelitian studi literatur ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa. Karena kurangnya kesukaan siswa dengan Pelajaran matematika itu, membuat kebanyakan siswa kurang memiliki motivasi dan malas untuk belajar matematika sehingga hasil belajar siswa pada mata Pelajaran matematika relative rendah. Inovasi dalam pembelajaran perlu dilakukan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa agar tercapainya tujuan pembelajaran. Pembelajaran flipped classroom merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang dapat dipakai untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abeysekera, L., & Dawson, P. (2015). Motivation and Cognitive Load in the Flipped Classroom: Definition, Rationale, and a Call for Research. Higher Education Research & Development, 34(1), 1-14. doi:10.1080/07294360.2014.934336

Ahmad Syajili, Ahmad Syajili, Agus Maman Abadi, & Agus Maman Abadi. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Peserta Didik pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i10.304

Bishop, J. L., & Verleger, M. A. (2013). The Flipped Classroom: A Survey of the Research. Proceedings of the 120th ASEE Annual Conference & Exposition, Atlanta, GA. Retrieved from https://peer.asee.org/22585

Chen, Y., Wang, Y., Kinshuk, & Chen, N. S. (2014). Is FLIP Enough? Or Should We Use the FLIPPED Model Instead? Computers & Education, 79, 16-27. doi:10.1016/j.compedu.2014.07.004

F. Syarah. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Kemampuan Konsep Matematis. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.47662/farabi.v6i2.649

Fulton, K. (2012). Upside Down and Inside Out: Flip Your Classroom to Improve Student Learning. Learning & Leading with Technology, 39(8), 12-17.

Kunti Farhatana Ts. (2019). Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Menggunakan Model Blended Learning dan Flipped Classroom Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar Kelas IX SMP Wahid Hasyim Malang.

Lage, M. J., Platt, G. J., & Treglia, M. (2000). Inverting the Classroom: A Gateway to Creating an Inclusive Learning Environment. The Journal of Economic Education, 31(1), 30-43. doi:10.1080/00220480009596759

Lo, C. K., & Hew, K. F. (2017). A Critical Review of Flipped Classroom Challenges in K-12 Education: Possible Solutions and Recommendations for Future Research. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12(1), 4. doi:10.1186/s41039-016-0044-2

Love, B., Hodge, A., Grandgenett, N., & Swift, A. W. (2014). Student Learning and Perceptions in a Flipped Linear Algebra Course. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 45(3), 317-324. doi:10.1080/0020739X.2013.822582

Muhammad Fadli, M. Imamuddin, Tasnim Rahmat, & Ulva Rahmi. (2022). Pembelajaran Flipped Classroom dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Madrasah pada Era New Normal: Efektifkah? SigMa. https://doi.org/10.36513/sigma.v8i1.1575

N. R & Hikma Maulina. (2023). Pengembangan Media Literasi Digital “LOTIKA” Berbasis Android dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa. Proximal. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2162

Nur Sakinah & Nur Sakinah. (2017). Implementasi Flipped Classroom dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Pengaruhnya Terhadap Self Confidence Siswa SMP.

O'Flaherty, J., & Phillips, C. (2015). The Use of Flipped Classrooms in Higher Education: A Scoping Review. The Internet and Higher Education, 25, 85-95. doi:10.1016/j.iheduc.2015.02.002

Oktavianah, R., & Nurfalah, E. (2023). Kepraktisan Media Pembelajaran Matematika Video Animasi Berbantuan Adobe After Effect Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 19–26. https://doi.org/10.55719/jt.v8i1.661

Rifki Khamdani, _ Rasiman, & Joko Sulianto. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantu Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas VI Gugus Ki Hajar Dewantara Kec. Wonotunggal. Didaktik. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.719

S.L. Clavinova, I Gusti Putu Suharta, & Gede Suweken. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI Agama MAN 1 Jembrana melalui Penerapan Blended Learning Tipe Flipped Classroom Menggunakan Moodle. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia. https://doi.org/10.23887/jppmi.v9i2.1689

Strayer, J. F. (2012). How Learning in an Inverted Classroom Influences Cooperation, Innovation, and Task Orientation. Learning Environments Research, 15(2), 171-193. doi:10.1007/s10984-012-9108-4

Yulia Janatin, Yulia Janatin, Rizki Wahyu Yunia Putra, Rizki Wahyu Yunia Putra, Abdul Hamid, & Abdul Hamid. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Pembelajaran Model Flipped Classroom.

Yuliani Nur Fauzi, Yuliani Nur Fauzi, None Riana Irawati, Riana Irawati, None Ani Nur Aeni, & Ani Nur Aeni. (2022). Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Media Video untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2749

Zainuddin, Z., & Halili, S. H. (2016). Flipped Classroom Research and Trends from Different Fields of Study. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 17(3), 313-340. doi:10.19173/irrodl.v17i3.2274

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Nurfalah, E., & Ansori, M. M. R. (2024). Studi Literatur: Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 43–50. https://doi.org/10.55719/jt.v9i1.1137

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama