PENDIDIKAN AKHLAK REMAJA DALAM KELUARGA MUSLIM DI ERA INDUSTRI 4.0
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v5i1.114Kata Kunci:
Pendidikan Akhlak, Remaja, Keluarga Muslim, Era Industri 4.0Abstrak
Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui Peran Orang tua dan Strategi Dalam meningkatkan pendidikan akhlak pada remaja dalam keluarga Muslim Di Era Industri 4.0 , dan Konsep pendidikan akhlak Remaja dalam keluarga muslim di Era Industri 4.0 . Fokus Masalah dalam penelitian ini tentang bagaimana Konsep peran dan Strategi pendidikan akhlak Remaja dalam keluarga muslim di Era Industri 4.0 dalam meningkatkan pendidikan akhlak pada remaja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman orang tua terhadap pendidikan akhlak remaja masih sangat kurang, pemahamaan orang tua tentang ilmu agama islam masih minim sehingga pendidikan ahklak remaja dalam rumah tangga atau keluarga sangat terbatas dan Konsep pendidikan keluarga terhadap remaja dalam pendidikan akhlak adalah memberikan keteladanan dan memberikan pengetahuan kepada remaja secara individu dirumah.
Unduhan
Referensi
Depdikbud RI. 1989. Kamus BesarBahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
Hernawati. 2016. “Peranan orang tua terhadap pembinaan akhlak peserta didik MI Poli Mandar.” Auladuna: Jurnal Penelitian dasar Islam
Madjid, Nurcholis. 1997. Islam Kemodernan dan Keindonesiaan. Bandung: Mizan.
Nurkholis, 2013. “Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi.” Jurnal Kependidikan
Nurmaidah. 2013. “Peranan pendidikan agama dalam keluarga terhadap pembentukan kepribadian anak-anak.” Jurnal Al-afkar
Yahya, Yudrik. 2011. Psikologi perkembangan. Jakarta: Kencana.
Zawahir, Payiz. Muntaha dan Ismail Suardi wekke. 2017. “Pendidikan akhlak remaja bagi keluarga kelas menengah perkotaan.” Cendekia
Zulaikha, Siti. 2013. “urgensi pembinaan akhlak bagi anak anak prasekolah.” Edukasia: Jurnal penelitian Pendidikan Islam
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.