PENGEMEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN PAI DALAM DIFUSI INOVASI KONTEKTUAL DI SMP PLUS MATHOLI’UL ANWAR MAIBIT KEC. RENGEL KAB. TUBAN
Desain Pembelajaran PA
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v5i1.115Kata Kunci:
Desain.Difusi Inovasi, Pembelajaran Kontektual, PAI.Abstrak
PENGEMEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN PAI DALAM DIFUSI INOVASI KONTEKTUAL DI SMP PLUS MATHOLI’UL
ANWAR MAIBIT KEC. RENGEL KAB. TUBAN
Yeri Yayak Setiawan
Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya Email: yeriyayak@gmail.com
ABSTRAK
Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah kemampuan mendesain pembelajaran agar dapat menciptakan suasana kelas yang efektif dan kondusif.. Pembelajaran yang menarik ialah desain pembelajaran yang inovatif, dengan menggunakan strategi baru dalam pembelajaran. dalam hal ini difusi inovasi yang bisa membawa dampak tertentu maka akan terjadi adanya perubahan pada siswa tentunya untuk lebih tertarik dalam pelajaran PAI. hasil penerapan strategi desain ini adalah bahwa penerapan guru dengan inovasi dalam desain pembelajaran PAI pada kelas 7 A SMP Plus Matholi’ul Anwar memang mampu meningkatkan cara berfikir siswa dalam menanggapi suatu materi pendidikan agama islam hal tersebut terbukti dari cara siswa memberikan tanggapan serta siswa mampu menghafal ayat-ayat dengan lebih lancar dan hal ini menjadi sebuah pendukung meningkatnya nilai pada setiap siswa. kesimpulan desain Pembelajaran dengan inovasi strategi kontekstual menekankan siswa mampu menyerap pelajaran apabila mereka menangkap makna dalam materi akademis yang mereka terima.
.
Kata kunci: Desain.Difusi Inovasi, Pembelajaran Kontektual, PAI.
Unduhan
Referensi
Rogers, E.M. (2003). Diffusion of Innovation, New York: The Free Press
Saud, Udin. S. (2015). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Rusdiana, A. (2014). Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Rogers, Everett M,1995, Diffusion of Innovations. Fourth Edition. Free Press. New York.
Blanchard,A.2001.Contextual Teaching and Learning .(Online). (http://www. horizonshelpr. org/contextual/contextual.htm - 8k,
Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It Is Here to Stay. California USA: Corwin Press. Inc.
Sounders. 1999. Contextually Based Learning: Fad or Proven Practice, (Online) (http://www.uga.edu/ fb070999.htm,
Abdul Majid, Dian Andayani, 2006, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004), Cet. III, PT. Remaja Risdakarya, Bandung.
Suparman, A. (2012). Desain Instruksional Modern. Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan, Jakarta: Erlangga.
Suyanto, 2006. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Posing) dalam upaya Meningkatkan Aktivitas Bertanya Siswa. (Online) .(http://pkab. wordpress. com/2008/04/30/ pengembangan- model-belajar-interaktif-berbasis-komputer, diakses 28 November 2019).
Daryanto, Menyusun Modul Bahan Pembelajaran untuk Persiapan Guru pembelajaran, Cet. I (Yogyakarta: Gava Media, 2013)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.