PENGEMEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN PAI DALAM DIFUSI INOVASI KONTEKTUAL DI SMP PLUS MATHOLI’UL ANWAR MAIBIT KEC. RENGEL KAB. TUBAN

Desain Pembelajaran PA

Penulis

  • yeri yayak setiawan uinsa

DOI:

https://doi.org/10.55719/jt.v5i1.115

Kata Kunci:

Desain.Difusi Inovasi, Pembelajaran Kontektual, PAI.

Abstrak

PENGEMEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN PAI DALAM DIFUSI INOVASI KONTEKTUAL DI SMP PLUS MATHOLI’UL

ANWAR MAIBIT KEC. RENGEL KAB. TUBAN

 

Yeri Yayak Setiawan

Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya Email: yeriyayak@gmail.com

 

ABSTRAK

 

Salah satu kompetensi yang harus  dimiliki oleh seorang guru adalah  kemampuan mendesain pembelajaran agar dapat menciptakan suasana kelas yang efektif dan kondusif.. Pembelajaran yang menarik ialah desain  pembelajaran yang inovatif, dengan menggunakan strategi baru dalam pembelajaran. dalam hal ini difusi inovasi yang bisa membawa dampak tertentu maka akan  terjadi adanya perubahan pada siswa tentunya untuk lebih tertarik dalam pelajaran PAI. hasil penerapan strategi desain ini adalah bahwa penerapan guru dengan inovasi  dalam desain pembelajaran PAI pada kelas 7 A SMP Plus Matholi’ul Anwar memang mampu meningkatkan cara berfikir siswa dalam menanggapi suatu materi pendidikan agama islam hal tersebut terbukti dari cara siswa memberikan tanggapan serta siswa mampu menghafal ayat-ayat dengan lebih lancar dan hal ini menjadi sebuah pendukung meningkatnya nilai pada setiap siswa. kesimpulan desain Pembelajaran dengan inovasi strategi kontekstual menekankan siswa mampu menyerap pelajaran apabila mereka menangkap makna dalam materi akademis yang mereka terima.

.

Kata kunci: Desain.Difusi Inovasi, Pembelajaran Kontektual, PAI.

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Daftar Pustaka
Rogers, E.M. (2003). Diffusion of Innovation, New York: The Free Press
Saud, Udin. S. (2015). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Rusdiana, A. (2014). Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Rogers, Everett M,1995, Diffusion of Innovations. Fourth Edition. Free Press. New York.
Blanchard,A.2001.Contextual Teaching and Learning .(Online). (http://www. horizonshelpr. org/contextual/contextual.htm - 8k,
Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It Is Here to Stay. California USA: Corwin Press. Inc.
Sounders. 1999. Contextually Based Learning: Fad or Proven Practice, (Online) (http://www.uga.edu/ fb070999.htm,
Abdul Majid, Dian Andayani, 2006, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004), Cet. III, PT. Remaja Risdakarya, Bandung.
Suparman, A. (2012). Desain Instruksional Modern. Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan, Jakarta: Erlangga.
Suyanto, 2006. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Posing) dalam upaya Meningkatkan Aktivitas Bertanya Siswa. (Online) .(http://pkab. wordpress. com/2008/04/30/ pengembangan- model-belajar-interaktif-berbasis-komputer, diakses 28 November 2019).
Daryanto, Menyusun Modul Bahan Pembelajaran untuk Persiapan Guru pembelajaran, Cet. I (Yogyakarta: Gava Media, 2013)

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-30

Cara Mengutip

setiawan, yeri yayak. (2020). PENGEMEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN PAI DALAM DIFUSI INOVASI KONTEKTUAL DI SMP PLUS MATHOLI’UL ANWAR MAIBIT KEC. RENGEL KAB. TUBAN: Desain Pembelajaran PA. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 65–78. https://doi.org/10.55719/jt.v5i1.115