MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN RENGEL IV MELALUI METODE OUTDOOR STUDY MATERI PESAWAT SEDERHANA
Kata Kunci:
learning outcomes, outdoor studyAbstrak
Based on observations in mind that science learning outcomes of fifth grade students at SDN Rengel IV is still low. It is caused by several factors, one of which is a learning process. In the process of learning a lot of students who do not pay attention to the teacher's explanations, the students motivation to learn is still low, and students are not involved in finding a concept. Therefore, the researcher applied the outdoor study method to solve the problem. The purpose of this study was to determine improving student learning outcomes and student response to the outdoor study method. This research is a Classroom Action Research (CAR) which each cycle consists of four phases: planning, action, observation, and reflection. Instruments used in the study were test sheet of learning outcome and questionnaire responses. The data of student learning outcomes was analyzed as the student classical completeness. The results showed that after learning by using outdoor study methode, the classical completeness of student increased from 42% to 86% and the students gave positive responses.
Unduhan
Referensi
Mulyasa. E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetens;Konsep,Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Setyo, R. 2006. Metodoloi Penelitian. Bandung: Politeknik Pos Indonesia.
Tampubolon, S. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Vera, A. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Jogjakarta: DIVA Press.
Winarno. 2012. Kebijakan Publik, Teori, Proses, dan Studi Kasus edisi & Revisi Terbaru. Jogjakarta: CAPS.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.