Validitas E-Petunjuk Praktikum Berbasis Problem Based Learning Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Penulis

  • Siti Muthohharoh Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dede Nuraida

DOI:

https://doi.org/10.55719/jt.v9i2.1509

Kata Kunci:

Penelitian pengembangan, Petunjuk praktikum, Problem based learning, Validitas

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan petunjuk praktikum berbasis Problem based learning yang valid berdasarkan penilaian validator terkait ketercapaian aspek isi dan materi, bahasa serta kegrafisan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan menggunakan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation, namun penelitian hanya dilakukan sampai tahap development. Instrumen untuk mengukur validasi berupa angket yang akan divalidasi oleh validator, angket validasi diisi oleh tiga orang validator. Hasil validasi dianalisis menggunakan teknik validitas. Hasil penelitian menunjukkan validitas petunjuk praktikum berbasis Problem based learning dari aspek materi memperoleh skor rata-rata 84,75% dengan kategori valid, dari aspek bahasa memperoleh skor rata-rata 82,85% dengan kategori valid, serta dari aspek kegrafisan memperoleh skor 80,32% dengan kategori valid. Skor keseluruhan validitas petunjuk praktikum yang dikembangkan sebesar 82,64% dengan kategori valid. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpukan bahwa panduan praktikum biologi berbasis Problem based learning pada materi pencemaran lingkungan yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fina, I. D., Mustaji, M., & Dewi, U. (2023). Analisis Kebutuhan e-LKPD Berbasis Problem Based Learning Terhadap Pembelajaran IPA SMP Kelas VIII. Oryza ( Jurnal Pendidikan Biologi ), 12(2), 173–181. https://doi.org/10.33627/oz.v2i2.1379

Firdausi, N. I. (2020). No Title. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154.

Haty, N. P. S., Agustina, F., & Saputri, R. H. (2023). Respon Siswa Terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Materi Bioteknologi Produk Fermentasi Lokal Di Sma Negeri. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 46–53. https://doi.org/10.31849/bl.v10i1.13618

Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui, D. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2097–2107.

Lestiana, I., Ahied, M., Hadi, W. P., & Rosidi, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( Lks ) Berbasis Wondering Exploring Explaining ( Wee ) Science Pada Materi Struktur Bumi Dan Dinamikanya. Konstruktivisme, 10(1), 113–129.

Octavianis, R., & Ranu, M. E. (2019). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Kelas XII OTKP di SMKN Mojoagung. Jurnal Pendidikan …, 07(01), 1–6. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/28520

Rachmat Rizaldi, Syahwin, S., & Uswatun Hasanah.S. (2023). Validitas E-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 322–328. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.931

Rochmalia, V. (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Manipulasi Gambar Vektor Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis. Teknologi Pendidikan, 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Sinaga, A. V. (2023). Peranan Teknologi dalam Pembelajaran untuk Membentuk Karakter dan Skill Peserta Didik Abad 21. 06(01), 2836–2846.

Sinaga, J. B., Nursamsu, N., & Wahyuni, A. (2023). Pengembangan Panduan Praktikum Biologi Berbasis Problem-Based Learning pada Materi Tumbuhan (Plantae) bagi Siswa SMA. Jurnal Jeumpa, 10(2), 213–222. https://doi.org/10.33059/jj.v10i2.7779

Srirahayu, R. R. Y., & Arty, I. S. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran Fisika berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 168–181. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.20270

Syamsidah, Suryani, H., Tawani, R., & Arfandi, A. (2018). The Effectiveness of Problem-Based Learning Models in Improving Students Scientific Thinking Skills. International Journal of Scientific Development and Research, 3(10), 11–15. www.ijsdr.org

Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. In Skripsi. http://repository.radenintan.ac.id/3420/1/SKRIPSI FIX EDI.pdf

Widya, S. U. (2016). Pembelajaran Berbasis Praktikum : Upaya Mengembangkan. Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VI(1), 65–75.

Wijayanti, A. (2014). Pengembangan autentic assesment berbasis proyek dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 102–108. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3107.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Muthohharoh, S., & Nuraida, D. (2024). Validitas E-Petunjuk Praktikum Berbasis Problem Based Learning Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 51–58. https://doi.org/10.55719/jt.v9i2.1509