Berpikir Kombinatorik: Relevansi AI dengan Model Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v9i2.1510Kata Kunci:
Berpikir Kombinatorik, Pembelajaran Blended, Kecerdasan BuatanAbstrak
Studi pengembangan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian Didactic Engineering (DE). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis AI dengan menggabungkan model pembelajaran discovery dan problem based yang melibatkan mahasiswa matematika di Universitas PGRI Ronggolawe, Tuban. AI atau kecerdasan buatan menjadi alat bantu yang perlu dioptimalkan dalam berbagai bidang terutama dalam bidang pendidikan matematika. Sementara itu, pendidikan matematika memiliki isu terkait pemecahan masalah pada topik matematika diskrit. Berangkat dari isu tersebut, penilitian ini mecoba menwarkan solusi yang hasilnya adal sebuah model pembelajaran blended berbantuan AI untuk meningkatkan berpikir kombinatorik. Melalui perpaduan dari model-model tersebut, diperoleh perpaduan sintaksnya yaitu : (1) Orientasi; (2) Organisasi; (3) Eksplorasi; (4) Eksekusi; (5) Evaluasi; (6) Generalisasi. Paduan tersebut juga mempertimbangkan metode yang digunakan yaitu daring dan luring. Tahap (1) dan (2) dilakukan secara luring melalui LMS dan aplikasi penyedia kuis. Sementara itu, Tahap (3) dan (4) dilakukan dengan melibatkan Question AI. Tahap (3) dilaksakan dengan aplikasi bantu alternatif geogebra. Kemudian tahap (4) dan (5) dlakukan dengan cara presentasi berbantuan teknologi.
Unduhan
Referensi
Aini, N., Juniati, D., & Siswoyo, T. (2018). Understanding the combinatorial thinking through the strategy used by students cognitive reflective in solving permutation. 3, 652–657.
Ammamiarihta, A., Syahputra, E., & Surya, E. (2017). Development of Learning Devices Oriented Problem Based Learning to Increase Student’s Combinatorial Thinking in Mathematical Problem Solving Ability. 104(Aisteel), 334–339. https://doi.org/10.2991/aisteel-17.2017.71
Aziz, Tian Abdul. "Eksplorasi Justifikasi dan Rasionalisasi Mahasiswa dalam Konsep Teori Graf." Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 6.2 (2021): 40-54.
Bikner, A., Knipping, C., & Presmeg, N. (2015). Approaches ti Qualitative Research in Mathematics Education: Examples of Methodology and Methods. Dordrecht; New York.
Fitrah, M., & Fathurrahman, F. (2023). MATEMATIKA DISKRIT: Berbasis Hasil Penelitian Pada Ilmu Komputer. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Gusteti, M. U. (2024). Era Digital dalam Kelas Matematika: Menggabungkan Teknologi dengan Alat Peraga Tradisional. Mega Press Nusantara.
Kurniawan, R., Pramana, E., & Budianto, H. (2021). The adoption of blended learning in non-formal education using extended technology acceptance model. Indonesian Journal of Information Systems, 4(1), 27-42.
Lockwood, E. (2013). A model of students’ combinatorial thinking. Journal of Mathematical Behavior, 32(2), 251–265. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2013.02.008.
Lusiana, V. (2023). Penerapan Project Based Learning Berbantuan Aplikasi Geogebra Untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Matematis Mahasiswa. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 1-13.
Manuaba, I.B.K., Erwanto, D., Judijanto, L., Harto, B., Sa'dianoor, H., Supartha, I.K.D.G., Wahyudi, F., Pandia, M. and Kelvin, K., (2024). TEKNOLOGI ChatGPT: Pengetahuan Dasar dan Pemanfaatan kombinasi keahlian dengan ChatGPT di berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Nugraha, D., Reftyawati, D., & Sari, Y. A. (2020). The effective school strategic plan implementation: A best practice of school improvement. Attractive: Innovative Education Journal, 2(2), 9-19.
Noor, A. M. N. (2023). Hubungan Filsafat Dengan Ilmu Pengetahuan Dan Relevansinya Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0. Jurnal Teknik dan Science, 2(2), 83-89.
Rahman, H., D’Cruze, R. S., Ahmed, M. U., Sohlberg, R., Sakao, T., & Funk, P. (2022). Artificial intelligence-based life cycle engineering in industrial production: a systematic literature review. IEEE Access, 10, 133001-133015.
Rahmawati, N. K., Kusuma, A. P., & Nurrahmah, A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pada Aplikasi Turunan (Maksimum Dan Minimum) Berbantuan Geogebra. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 13-28.
Rezaie, M., & Gooya, Z. (2011). What do I mean by combinatorial thinking? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 11, 122–126. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.01.046
Rezkillah, I. I., Julaifah, N., Ramadhani, S., & Kasturi, K. (2024). Model Project-Based Learning Terintegrasi STEAM terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1289-1295.
Sari, D. P., Rifai, H., & Emafri, W. (2020, March). Design and manufacture of teaching edupark physics Mifan water park Padang Panjang, Indonesia with discovery learning model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1481, No. 1, p. 012097). IOP Publishing.
Sari, N., Fitriasari, P., & Octaria, D. (2020, March). Blended learning with schoology in learning macromedia flash-based instructional media. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1480, No. 1, p. 012053). IOP Publishing.
Susanti, W. (2021). Pengembangan LKPD Model Problem-based Learning Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Wahyuni, D. S., Rozimela, Y., Ardi, H., Mukhaiyar, M., & Fatdha, T. S. E. (2023). Proposing a web-based interactive module for education for sustainable development in English for computer science. Register Journal, 16(1), 1-23.
Wulandari, N. P. (2022). THE IMPLEMENTATION OF DISCOVERY LEARNING METHOD TO THE STUDENTS’ABILITY IN WRITING ANALYTICAL EXPOSITION TEXT AT ELEVENTH GRADE (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Wahyuniar, L. S., & Widyawati, S. (2017). Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Kombinatorial Berdasarkan Kecerdasan Logis Matematis. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 103-114.
Uripno, G., Siswono, T. Y. E., Rahaju, E. B., & Wicaksono, A. B. (2023). Students’ Combinatorial Thinking Error in Solving Combinatorial Problem. Indonesian Journal of Mathematics Education, 6(1), 16-22.
Widiyaningrum, T. D. (2023). Pengembangan Modul Program Linear Berbasis Kearifan Lokal Berbantuan Geogebra dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.