PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V
Kata Kunci:
CTL and the learning outcomesAbstrak
This study aims to describe the improvement of student learning outcomes, teacher activities, and student activities and student’s responses to science learning using CTL model with natural media in class V SDN Gunungrejo 1. The results showed that the learning outcomes in cycle I obtained an average score of 70.5, cycle II 76.4, cycle III 83. Percentage mastery learning cycle I was 43%, cycle II 81%, and 95% 95% cycle. Presentation of teacher activity in cycle I 65%, cycle II 76%, and cycle III 83%. Presentation of student activity in cycle I 61%, cycle II 70%, and cycle III 83%, and students respond positively to science learning using CTL model with natural media. This is proven by the percentage obtained that many students who answered "yes" amounted to 87.6%. Thus, the use of CTL model can improve student's learning result, teacher activity, and student activity.
Unduhan
Referensi
. 2010. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: PT Rineka Cipta.
BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Mariana, I M. A & Wandy P. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA. Bandung: PPPPTKIPA.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Senduk, A. G., & Nurhadi. 2003. Pembelajaran kontekstual dalam penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.
Sepdiyanti, M. I., Latif, M. A., & Fitriyah C. Z. 2015. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III pada Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Lingkungan Alam dan Buatan di SDN Jumerto 2 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1 (1), 1-3.
Titik. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Media Makmur Mandiri
Utomo, D. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.