INOVASI PEMBELAJARAN PKN DENGAN MODEL VCT (VALUE CLARIFICATION TEHNIQUE)

Penulis

  • Mega Puspita Sari

Kata Kunci:

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Model VCT (Value Clarification Technique)

Abstrak

Dalam melihat kualitas SDM, aspek etika dan moralitas sering tidak diperhatikan, sehingga meski SDM telah dipandang berkualitas dalam kinerjanya, tetapi masih kurang dalam misi pandangan dan tingkah laku etisn dan moral nya. Akibatnya, ketahahanan mental SDM tidak mampu menghadapi berbagai permasalahan dalam pekerjaanya atau tidak memperlihatkan tingkah laku etis dalam kehidupan kesehariaanya. Salah satu hasil inovasi pendidikan yaitu dalam hal model pembelajaran. Maka penulis akan membatasi pembahasan mengenai inovasi pendidikan,  dimana  di  dalam makalah  ini,  penulis hanya  membahas  mengenai Inovasi pembelajaran Pkn dengan model VCT (Value Clarification Tehnique) yang salah satu ciri paradigma baru pembelajaran PKn adalah tidak lagi menekankan pada mengajar tentang PKn, tetapi lebih berorientasi pada membelajarkan PKn atau upaya-upaya guru untuk ber-PKn.

VCT  adalah  salah  satu  teknik  pembelajaran  yang  dapat  memenuhi  tujuan pancapaian pendidikan nilai. Djahiri (1979:115) mengemukakan bahwa Value Clarification Technique, merupakan sebuah cara bagaimana menanamkan dan menggali/ mengungkapkan nilai-nilai tertentu dari diri peserta didik.

Model pembelajaran VCT, akan mudah mengungkap sikap, nilai dan moral siswa terhadap suatu kasus yang disajikan oleh guru. Tentu saja harus dibekali dengan kemampuan  guru  dalam  menguasai  keterampilan  dan  teknik  dasar  mengajar dengan baik. Sikap demokratis, ramah, hangat dan nuansa kekeluargaan yang akrab diperlukan, sehingga siswa berani berpendapat dan beda pendapat dengan guru maupun  dengan  siswa  lain.  Sedangkan  untuk  evaluasi  guru  dapat  melakukan evaluasi proses dan evaluasi hasil belajar. Pada evaluasi proses dapat dilakukan dengan melakukan pengamatan jalannya diskusi, sikap dan aktivitas siswa maupun proses pembelajaran secara menyeluruh dan evaluasi hasil dapat dilihat dari hasil tes.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djahiri, A. Kosasih. (1985). Strategi Pengajaran Efektif Nilai Moral VCT dan Game dalam VCT. PMPKN.FPIPS IKIP Bandung

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Taniredja, Tukiran, dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

2016-05-12

Cara Mengutip

Sari, M. P. (2016). INOVASI PEMBELAJARAN PKN DENGAN MODEL VCT (VALUE CLARIFICATION TEHNIQUE). Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 11–18. Diambil dari http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/3