PROFIL PENGGUNAAN STATISTIKA DALAM PENELITIAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Penulis

Kata Kunci:

profil, statistika, skripsi

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan penggunaan statistika oleh mahasiswa dalam skripsi mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Ronggolawe (Unirow). Dalam penelitian diberbagai bidang, statistik banyak digunakan, terutama yang berkaitan dengan teknik analisis data yaitu untuk menganalisis dan menarik kesimpulan berdasarkan data dan analisis yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skripsi mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Ronggolawe menggunakan penelitian statistik deskiptif lebih banyak dibanding dengan yang menggunakan statistik induktif (inferensial), parametik dan non-parametik. Mahasiswa yang menggunakan statistik deskriptif sebanyak 81 mahasiswa (76,42%), statistik inferensial 4 mahasiswa (3,77%), statistik parametik 16 mahasiswa (15,09%), dan yang menggunakan statistika non-parametik 5 mahasiswa (4,72%).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arifin, Zaenal. 2008. Metodologi Penelitia Pendidikan Filosofi, Teori Aplikasinya. Surabaya: Lentera Cendikia.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekata Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Hamidi. 2007. Metodologi Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang:UMM

Suliyanto. 2014. Statistika Non Parametrik Dalam Aplikasi Penenlitian.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Susetyo, Budi. 2010. Statistika untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: Refika Aditama.

Turmudi dan Harini, Sri. 2008. Metode Statistika Pendekatan Teoritis dan Aplikatif. Malang: UIN-Malang Press.

Unduhan

Diterbitkan

2018-12-16

Cara Mengutip

Kurniawati, E. F., Nurfalah, E., & Nawangsari, T. (2018). PROFIL PENGGUNAAN STATISTIKA DALAM PENELITIAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 149–155. Diambil dari http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/43