PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA
Kata Kunci:
Pendidikan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, keterampilan berwirausahaAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan kuantitas mahasiswa perguruan tinggi dan kesempatan kerja. Oleh karena itu pilihan karir berwirausaha, menjadi penting. Namun belum semua mahasiswa memiliki ketermpilan berwirausaha. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keterampilan dalam berwirausaha antara lain pendidikan kewiwirausahaan dan motivasi berwirausaha. Tujuan penelitian ini adalah 1) pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap keterampilan berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2016. 2) pengaruh motivasi berwirausaha terhadap keterampilan berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2016. 3) pengaruh pendidikan kewirausahaan secara bersamaan terhadap motivasi berwirausaha keterampilan berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2016. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa universitas PGRI Ronggolawe Tuban Program Setudi Pendidikan Ekonomi angkatan 2016. Populasi dalam penelitian adalah 65 mahasiswa dari 2 kelas pendidikan ekonomi angkatan 2016. Menurut Arikunto (2006:134) jika peneliti memiliki populasi lebih dari 100, maka peneliti dapat menentukan kurang lebih 20%-25% dari jumlah tersebut’’. Namun karena jumlah populasi kurang dari 100 maka peneliti mengambil seluruh dari populasi yang berjumlah 65 mahasiswa Hasil analisis data di peroleh kesimpulan pendidikan kewirausahaan pada mahasiswa UNIROW Tuban Prodi Pendidikan Ekonomi tergolong baik , hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pendidikan kewirausahaan terhadap keterampilan berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan di tunjukkan oleh nilai t hitung > t table (4.,060 > -2,005 ) dan signifikasi < 0,05 (0,00 < 0,05). 2) pengaruh motivasi berwirausaha terhadap keterampilan berpengaruh positif dan signifikan di tunjukkan oleh nilai t hitung > t tabel (3,921 > -2,005) dan signifikan < 0,05 (0,000 < 0,05). 3) pengaruh pendidikan kewirausahaan secara bersama terhadap motivasi berwirausaha dan keterampilan berwirausha berpengaruh positif dan signifikan ditunjukkan oleh nilai t hitung > -t tabel (2,669 > -2,006) dan signifikansi <. 0,05 (0,011< 0.05)
Unduhan
Referensi
Anita Volintia Dewi. (2013). Pengaruh Pengalaman Pendidikan Kewirausahaan dan Ketrampilan Kejuruan Terhadap Motivasi Siswa. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.
Basrowi. (2011). Kewirauasahaan untuk perguruan tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia
Buchari Alma. (2013). Kewirausahaan. Bandung : Alfabeta.
Daryanto . (2012). Menggeluti Dunia Usaha. Yogyakarta: Gava Media
Ida Yulianti. (2013). Pengaruh Mata Pelajaran Kewirausahaan dan Motivasi Siswa Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI di SMK Muhammadiyah Salaman Kabupaten Magelang. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.
Kasmir. (2016). Kewirausahaan. Jakarta : Rajawali Pers.
Kasali, Rhenald dkk. 2012. Kewirausahaan. Hikmah : Jakarta.
Kumorohadi, Untung & Nurhayati. 2010. “Analisis Kualitas Pembinaan dan Pengembangan Jiwa Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa”. Unsud : Purwokerto
Meredith, G. Geoffrey et al. 1996. Kewirausahaan Teori dan Praktek. PT Pustaka Binaman Pressindo : Jakarta.
Oerman Hamalik. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Sutarjo Adisusilo. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta : Rajawali Pers.
Tatang S. (2012).Ilmu Pendidikan. Bandung : CV. Pustaka Setia
Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.(2011). Badung : Alfabeta.
Umar Tirtaraharja. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Wiratna Sujarwaeni. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Pers.
Wasty Soemanto. (2005). Pendidikan Wiraswasta. Jakarta : Sinar Grafika Offset.
Winarno. (2011). Pengembangan Sikap Entreprencurship dan Intrapreneurship. Jakarta : PT. Indeks
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.