Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP
Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v8i2.952Kata Kunci:
Problem Based Learning, Pendekatan STEM, Kemampuan berpikir kritis matematikaAbstrak
Penelitian ini berlandaskan pada minimnya kemampuan berpikir kritis matematika siswa dalam menyelesaikan permasalahan luas permukaan serta volume bangun ruang sisi datar prisma dan limas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adakah perbedaan yang signifikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen desain control group pretest-posttest. Populasi penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tuban dengan sampel penelitian siswa kelas VIII-B (kelas eksperimen) serta kelas VIII-F (kelas kontrol) yang dipilih dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data adalah tes berpikir kritis. Dari hasil analisis data menggunakan uji-t bisa disimpulkan bahwasanya ada perbedaan yang signifikan penerapan model PBL dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tuban.
Unduhan
Referensi
Afifah, Y. and Nurfalah, E. (2019) “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 1 Jenu Berdasarkan Langkah Facion pada Pokok Bahasan Jajargenjang dan Trapesium”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(1), pp. 37–42. doi: 10.55719/jrpm.v1i1.65.
Ardhiansyah. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 2 Pangkep.
Desyana Putri, C. (2020). Problem Based Learning Terintegrasi Stem di Era Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. 4(2), 193–204.
Farida. (2015). Potensi sintaks pembelajaran Problem Based Learning metakognitif dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa.
Febriati, N., Widayat, E. and Kadar, S. (2020) “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inquiri Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 2(2), pp. 37–46. doi: 10.55719/jrpm.v2i2.158.
Miftahuddin, A., Nurfalah, E. and Yuliastuti, R. (2021) “Tantangan Guru dalam Menyusun Soal Matematika SMK Berbasis Hots di Masa Pandemi Covid 19”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(2), pp. 91–100. doi: 10.55719/jrpm.v3i2.321.
Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi. Universitas Negeri Semarang.
Nadila, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis. 04(01), 45–54.
Nafiah, Y. N., Suyanto, W., & Yogyakarta, U. N. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. c, 125–143.
Nasution, N. A. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Model Blended Learning melalui Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) di SMK Sandhy Putra – 2 Medan. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 22. https://doi.org/10.24114/jfi.v3i2.40691
Novi, P., & Asti, W. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keaktifan Belajar Materi Statistika Melalui Model Problem Based Learning. 1(2), 133–152.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. 155–158.
Oktavianah, R. and Nurfalah, E. (2023) “Kepraktisan Media Pembelajaran Matematika Video Animasi Berbantuan Adobe After Effect Berbasis Problem Based Learning”, Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), pp. 19–26.
Pertiwi, W., Program, M., Magister, S., Matematika, P., & Riau, U. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMK pada Materi Matriks. 2(c), 821–831.
Sholihah, M. and Nurfalah, E. (2018) “Using The Newman Stage To Solve Story Problems The Space Of Flat Sides”, Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), pp. 89–97.
Wachufyah, P. I. and Sulistyaningrum, H. (2022) “Implementasi Problem Based Learning Dengan Pendekatan Neurosains Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP”, Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), pp. 79–88.
Winata, A., & Sulistyaningrum, H. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa menggunakan pembelajaran berbasis android pada matakuliah konsep ipa. III(November).
Yusuf, I., Ma’rufi, & Nurdin. (2022). Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(1), 26–40.
Zahroh, F. (2018) “Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika”, Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), pp. 75–88.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.