Pengaruh Kesalahan Ejaan Remaja terhadap Citra Diri dalam Media Sosial

Penulis

  • Bintang Kusuma Wardhani UPN Veteran Jawa Timur
  • Novan Andi Nanang Irawan UPN Veteran Jawa Timur
  • Muhammad Rifky Adithya UPN Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.55719/jt.v9i1.975

Kata Kunci:

Progam Pendidikan, Dampak Kesalahan Ejaan, Media Sosial, Penggunaan Bahasa Yang Tepat, Kesadaran Remaja

Abstrak

Artikel ini membicarakan dampak kesalahan ejaan pada citra diri remaja di platform media sosial. Isu utamanya melibatkan pengaruh kesalahan ejaan terhadap tingkat kepercayaan diri, perasaan malu atau rendah diri, serta persepsi orang lain dalam lingkungan media sosial. Dengan menggunakan metode kualitatif, yaitu wawancara dan observasi, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki secara menyeluruh dampak kesalahan ejaan terhadap citra diri remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan ejaan memiliki efek yang signifikan, meningkatkan kepercayaan diri remaja, dan membuat mereka lebih rentan terhadap perasaan malu atau rendah diri. Orang lain melihatnya, yang berdampak pada interaksi sosial dan hubungan di media sosial. Salah satu hasil nyata dari artikel ini adalah peningkatan perhatian terhadap penggunaan bahasa yang tepat di media sosial dan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana hal itu memengaruhi citra diri remaja. Diharapkan artikel ini akan menjadi dasar untuk pengembangan program pendidikan dan intervensi yang meningkatkan kesadaran remaja tentang pentingnya menggunakan bahasa yang benar di media sosial untuk membangun citra diri yang positif.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Wardhani, B. K., Irawan, N. A. N., & Adithya, M. R. (2024). Pengaruh Kesalahan Ejaan Remaja terhadap Citra Diri dalam Media Sosial. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 01–06. https://doi.org/10.55719/jt.v9i1.975