PENERAPAN METODE PROFILE MATCHING PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU TELADAN (STUDI KASUS: SMAIT AL USWAH TUBAN)

Authors

  • Afrizal Malna Universitas PGRI Ronggolawe
  • Asfan Muqtadir Universitas PGRI Ronggolawe
  • Imron Rosyidi Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.55719/curtina.v3i1.448

Keywords:

Sistem pendukung keputusan, metode profile matching, guru teladan

Abstract

Guru adalah salah satu komponen penting yang harus dimiliki sekolah dalam melaksanakan proses pendidikan yang bermutu, seperti halnya dengan SMAIT Al Uswah Tuban. Untuk itu, sekolah selalu mendorong peningkatan kinerja dan professionalitas seorang guru dengan cara memantau kinerja guru dalam mengimplementasikan tugas-tugasnya, sehingga standar kompetensi yang diharapkan dapat tercapai. Beberapa masalah dalam menetukan penilaian guru teladan masih dilakukan dengan penilaian manual dan kurang akurat. Dengan demikian kepala sekolah sebagai evaluator atau pengambil keputusan sulit dalam menentukan guru teladan yang memiliki nilai terbaik. Dalam menentukan siapa guru teladan yang layak untuk diberikan apresiasi lebih dibutuhkan kriteria dan bobot dalam menilainya. Untuk itu digunakan suatu sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Profile Matching, dengan metode tersebut dilakukan perhitungan GAP pada tiap kriteria, setelah GAP didapatkan kemudian dilakukan pembobotan pada masing-masing kriteria. Untuk langkah selanjutnya adalah melakukan perhitungan core factor, secondary factor, dan perhitungan nilai total dari masing-masing aspek kriteria. Kemudian untuk langkah terakhir adalah menghitung nilai akhir dengan memberi nilai presentase yang telah ditentukan sebelumnya oleh evaluator (Kepala Sekolah), sehingga akan dihasilkan sebuah perangkingan yang digunakan sebagai rekomendasi pendukung keputusan pemilihan guru teladan. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang memadai dapat membantu sekolah dalam mengambil suatu keputusan yang relevan, sehingga dapat meningkatkan kinerja guru yang lainnya. Proses penentuan diharapkan akan lebih mudah dan cepat untuk ditindak lanjuti oleh pihak sekolah dengan proses evaluasi ataupun perencanaan lainnya yang berhubungan dengan kinerja guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, H., & Ricky, R. (2016). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Siswa Teladan Menggunakan Metode Topsis. Jurnal Ilmiah FIFO, 8(2), 112-126.

Angeline, M., & Astuti, F. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Profile Matching. Jurnal Ilmiah SMART, 2(2), 45–51.

Anhar. (2010). PHP & MySql Secara Otodidak. Jakarta: PT TransMedia.

Ardiansyah, H. (2017). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Guru Terbaik dengan Metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) Studi Kasus: SDN Bendungan Hilir 01 Pagi Jakarta Pusat. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(2), 89.

Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi Offset.

Kustiyahningsih, Yeni. (2011). Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL. Jakarta: Graha Ilmu.

Martaulina. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Guru Berprestasi Untuk Memberikan Penghargaan Dengan Metode Topsis ( Studi Kasus : SMA Negeri 2 Lubuk Pakam ). Pelita Informatika Budi Darma, 9(1), 119–124.

Nofriansyah, Dicky. (2015). Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: CV. Deepublish.

Nugroho, Bunafit. (2009). Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL (Studi Kasus Membuat Sistem Informasi Pengolahan Data Buku). Yogyakarta: Gava Media.

Purnawanto, Y., Bramantoro, A., Dan Harini, Luluk. (2005). Perancangan Dan Pembuatan Case Tool Software Testing Menggunakan Metode Static Data Flow Analysis (Studi Kasus Pogram Berbasis C++). JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 4(1), 60.

Raharjo, B. (2011). Belajar Otodidak Membuat Database Menggunakan MySQL. Bandung: Informatika.

Rumapea, R., Maleahki, P., Negara, S., & P, D. R. S. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Guru Beprestasi Berbasis Web di SMA Swasta Yapim Sibiru-Biru. SAINTEK (Jurnal Sains dan Teknologi), 2(1), 23–28.

Somya, R., & Wardoyo, R. (2019). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Asisten Dosen Menggunakan Kombinasi Metode Profile Matching dan TOPSIS Berbasis Web Service. Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 5(1), 44–50.

Subakti, I. (2002). Sistem Pendukung Keputusan Jurusan Teknik Informatika. Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 2.

Suhartanto, A., Kusrini, K., & Henderi, H. (2016). Decision Support System Untuk Penilaian Kinerja Guru Dengan Metode Profile Matching. Jurnal Komputer Terapan, 2(2), 149–158.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa perangkat lunak terstruktur dan berorientasi objek. Bandung: Informatika.

Susilo, A. A. T. (2017). Penerapan Metode Profile Matching pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Program Studi (STUDI Kasus : Program Studi Teknik Informatika STMIK Musi Rawas). JUITA (Jurnal Informatika), 5(2), 87–93.

Sutarman. (2012). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.

Additional Files

Published

2022-07-31

How to Cite

Malna, A., Muqtadir , A., & Rosyidi , I. (2022). PENERAPAN METODE PROFILE MATCHING PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU TELADAN (STUDI KASUS: SMAIT AL USWAH TUBAN) . Curtina , 3(1), 1–12. https://doi.org/10.55719/curtina.v3i1.448

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)