FORECASTING KELULUSAN MAHASISWA MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES

(STUDI KASUS : TEKNIK INFORMATIKA UNIROW)

  • Asfan Muqtadir Universitas PGRI Ronggolawe
  • Siti Maslakah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Amaludin Ariffia Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: Forecasting, Data Mining, Naïve Bayes, PHP, MySQL

Abstract

Program Studi teknik Informatika merupakan salah satu program studi di Universitas PGRI Ronggolawe Tuban yang memiliki data mahasiswa lebih besar dibandingkan dengan program studi lainnya. Setiap tahunnya data kelulusan tersebut semakin bertambah banyak. Disisi lain data yang dimiliki tersebut jika tidak dikelola dengan baik, maka hanya akan menjadi tumpukan data yang tidak bermanfaat, sehingga informasi yang dihasilkan juga tidak banyak. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah membuat suatu aplikasi untuk melakukan peramalan / prediksi terhadap lama studi kelulusan mahasiswa dengan menerapkan teknik data mining. Aplikasi yang dibuat, menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan basis data MySql. Metode yang digunakan dalam aplikasi peramalan ini adalah algoritma naïve bayes. Dari hasil pengujian yang dilakukan menggunakan data sebanyak 30 dengan data training dan 30 sebagai data testing, akurasi polanya sebesar 70% dan errornya 60% jadi jumlah data yang tepat sebanyak 42 dan yang tidak tepat 18.

References

Albab, U dan Eviyanti, A. 2015. Aplikasi Datamining Untuk Menampilkan Informasi Tingkat Kelulusam Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Bustami. 2014. Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Mengklasifikasi Data Nasabah Asuransi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Malikussaleh Aceh No.1 Vo. 8.

Goele, S. dan Chanana N. 2012. Data Mining Trend in Past, Current and Future. International Journal of Computing & Business Research.

Han, J., Kamber,M., dan Pei, J., 2012. Data Mining: Concepts and Techniques Third Edition. Elsevier Inc.

Jananto, A., 2013. Algoritma Naive Bayes Untuk Mencari Perkiraan Waktu Studi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Stikubank No.1 Vol. 18.

Larose, D. T. 2005. Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining. John Willey and Sons, Inc New York.

Nurrohman, N dan Nugroho, Y., 2015. Aplikasi Pemprediksi Masa Studi dan Predikat Kelulusan Mahasiswa Menggunakan Metode Naive Bayes. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Published
2021-07-31
How to Cite
Muqtadir, A., Maslakah, S., & Ariffia, A. (2021). FORECASTING KELULUSAN MAHASISWA MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES. Curtina (Computer Science or Informatics Journal), 2(1), 1-15. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/curtina/article/view/280
Section
Articles