PERANCANGAN DAN PENERAPAN JARINGAN KOMUNIKASI DENGAN VOICE OVER INTERNET PROTOCOL (VOIP) PADA YSPIS REMBANG

Authors

  • Muhamad Khafiyyun Ni’am Universitas PGRI Ronggolawe
  • Aris Wijayanti Universitas PGRI Ronggolawe
  • Asfan Muqtadir Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.55719/curtina.v3i2.611

Keywords:

Jaringan, Komunikasi, VOIP, Kamailio

Abstract

Teknologi VOIP memungkinkan terjadinya komunikasi interlokal setiap orang menggunakan jaringan internet. VOIP mengubah data suara menjadi frequensi sinyal digital dan mengirimkannya melalui jaringan internet. Dalam penelitian ini, secara garis besar metode yang digunakan adalah metode analisis, perancangan dan penerapan sistem. Sistem VOIP yang dirancang menggunakan server kamailio diterapkan secara lokal pada infrastruktur jaringan yang telah ada sebelumnya di YSPIS Rembang. Tujuan diterapkan jaringan VOIP secara lokal adalah untuk menunjang optimalisasi pemanfaatan jaringan internet yang sudah ada tanpa menggunakan bandwith internet sebagai jalur komunikasi alternatif. Dengan menggunakan softphone IPComm’s pada smartphone dan softphone linphone untuk pc atau laptop, teknologi VOIP dapat digunakan untuk voice call, video call dan chatting. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan jaringan VOIP secara lokal tidak mempengaruhi bandwith internet yang telah ada. Disamping itu, kualitas suara dan video yang ditampilan tergolong baik. Teknologi ini dapat dikembangkan lebih lanjut agar mempermudah dalam memonitor aktifitas user serta memecahkan permasalahan atau kendala yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Z.R. 2015. Perancangan dan Pembuatan Jaringan Server Voip pada Smk Harapan Al- Washliyah Sigambal Medan Sebagai Media Komunikasi Alternatif. Ekp, 13(3): 1576–

Andi, M. 2012. Dasar-dasar Jaringan Komputer. Revisi 201 ed. Creative Common License 3.0.Azhar, A., Badrul, M. & Akmaludin 2018. Penerapan Voice Over Protocol (VoIP) untuk Optimalisasi Jaringan pada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Prosisko, 5(1): 1–17.

Iswan, L.M. 2010. Implementasi Virtual Private Network (VPN) Remote Access Dengan Linux Openswan (studi kasus di Pusdatin FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, .

Sugiarti, F. 2015. Analisis dan Perancangan Teknologi VOIP pada jaringan kantor andministrasi SMK Negeri 1 Adiwerna Kab. Tegal. Universitas Negeri Semarang.

Yunarti, W. & Roestam, R. 2018. Analisis dan Rancang Bangun Jaringan Komunikasi VOIP Dengan Server Briker Pada SMKN 1 Tanjung Jabung Timur. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 3(4): 1272–1281.

Additional Files

Published

2022-12-31

How to Cite

Ni’am, M. K., Wijayanti, A., & Muqtadir, A. (2022). PERANCANGAN DAN PENERAPAN JARINGAN KOMUNIKASI DENGAN VOICE OVER INTERNET PROTOCOL (VOIP) PADA YSPIS REMBANG. Curtina , 3(2), 50–56. https://doi.org/10.55719/curtina.v3i2.611

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>