ANIMASI AUGMENTED REALITY UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN OLAHRAGA VOLI

Authors

  • Mochamad Abdul Rifa'i Universitas PGRI Ronggolawe tuban
  • Amaludin Arifia Universitas PGRI Ronggolawe
  • Fitroh Amaluddin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Helman Yusuf Bahtiar Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.55719/curtina.v2i2.403

Keywords:

Augmented Reality, Media Pembelajaran, Olahraga Voli, Unity3D

Abstract

Media pembelajaran ternyata selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada, mulai dari teknologi cetak, audio visual, komputer sampai teknologi gabungan antara teknologi cetak dengan komputer. Saat ini media pembelajaran hasil gabungan teknologi cetak dan komputer dapat diwujudkan dengan media teknologi Augmented Reality (AR). Augmented Reality (AR) adalah teknologi interaksi yang dapat menggabungkan benda maya berjenis 2D atau 3D yang akan ditambah ke dalam lingkungan nyata dan memproyeksikannya kedalam waktu nyata atau real time. Olahraga Bola Voli adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim dalam satu lapangan yang dipisahkan oleh sebuah net dan setiap tim terdiri dari enam pemain. Pembuatan aplikasi menggunakan software unity3D dalam membangun Augmented Reality dan disertai marker (penanda) yang sudah dimuat dalam model kartu. Aplikasi ini diharapkan dapat digunakan dalam dunia pendidikan untuk menyampaikan pengetahuan yang lebih menarik dalam bidang olahraga terutama dalam mempelajari sejarah, teknik dan peraturan olahraga voli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta, Rajawali Pers.
Asfari, U., dkk. 2012. Pembuatan Aplikasi Tata Ruang Tiga Dimensi Gedung Serba Guna Menggunakan Teknologi Virtual Reality. Surabaya, Kampus ITS Sukolilo.
Dwicahyo, M.R. 2015. Pengaruh Net Game Terhadap Kemampuan Pasing Atas Pada Siswa Putra Yang Mengikuti Ekstra Kulikuler Bola Voly Di SMP Negeri 1 Pacitan. Yogyakarta , Universitas Negeri Yogyakarta.
Efendi, dkk. 2016. Penerapan teknologi ar (augmented reality) pada Pembelajaran energi angin kelas iv sd di rumah Pintar al-barokah. jurnal sistem informasi.
Fernando, Mario. 2013. Membuat Aplikasi Android Augmented Realitymenggunakan Vuforia SDK dan Unity. Manado, Buku AR Online.
Jonathan, K. 1998. Beginning C#. In New York. Edward (Ed), C# Programming Language (330 - 354). MA, Balckwell.
Kementrian Pemuda dan Olahraga. 2014. Jurnal Olahraga Pendidikan. Jakarta, Asisten Deputi Olahraga Pendidikan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia.
Mulyono, K.M., dan Fatta, H.A. 2012. Pembuatan Game Labirin Dengan Menggunakan Blender 3D. Yogyakarta, STMIK AMIKOM.
Rusmanto, aan. 2015. Apa Itu Android Dan Macam-Macam Versi Android. http://www.aan.my.id/2015/03/macam-macam-jenis-versi-android.html, diakses pada 13 Maret 2016.
Whitten, Jeffrey, L, dkk, 2004, System Analysis and Design Methods, The McGraw-Hill Companies, Inc.

Additional Files

Published

2021-12-25

How to Cite

Rifa'i, M. A., Arifia, A., Amaluddin, F., & Bahtiar, H. Y. (2021). ANIMASI AUGMENTED REALITY UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN OLAHRAGA VOLI. Curtina , 2(2), 14–25. https://doi.org/10.55719/curtina.v2i2.403

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>