SISTEM KEAMANAN SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN FINGERPRINT DAN GPS TRACKING BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO ATMEGA2560

Authors

  • Moh. Wahyu Candra Universitas PGRI Ronggolawe
  • Fitroh Amaluddin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Andik Adi Suryanto Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.55719/curtina.v3i1.442

Keywords:

Arduino ATMega2560, GPS GT-U7, SIM800L

Abstract

Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakan Fingerprint dan GPS Tracking berbasis mikrokontroler Arduino ATMega2560. Sepeda Motor akan menyala ketika data yang diinputkan pada Fingerprint benar dan Koordinat akan ditampilkan dengan Smartphone sebagai notifikasi. Alat ini bertujuan untuk keamanan kunci kontak yang diganti dengan modul Fingerprint dan memberikan informasi kendaraan dengan mengirimkan lokasi koordinat kendaraan mengunakan SMS dan dapat ditampilkan dengan aplikasi Google maps. Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakan Fingerprint dan GPS Tracking berbasis mikrokontroler Arduino ATMega2560 ini memanfaatkan teknologi, yaitu: (1) Modul Fingerprint (2) GPS (Global Positioning System) GT – U7, (3) Rangkaian sistem minimum mikrokontroler Atmega2560, (4) Modul SIM800L, (5) Modul DFPlayer Mini (6) Smartphone, (7) serta aplikasi Google maps yang sudah ada pada smartphone. Pembuatan perangkat lunak (Software) alat ini menggunakan bahasa pemrograman C. Hasil pengujian yang dilakukan, diketahui bahwa unjuk kerja Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakan Fingerprint dan GPS Tracking berbasis mikrokontroler Arduino ATMega2560 dengan hasil pengujian keseluruhan alat dapat menampilkan data informasi sesuai dengan yang diharapkan yaitu sebagai pengganti kunci kontak yang lebih aman ,notifikasi mengirimkan lokasi koordinat kendaraan ke smartphone user, kemudian untuk mengetahui posisi kendaraan cukup membuka sms dan perintah tersebut akan memanggil aplikasi Google maps. Kesimpulan yang didapat dari alat ini adalah alat sudah dapat bekerja dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hanafi, Ahmad Bahar. 2017. Sistem Keamanan Kendaraan Bermotor Menggunakan GPS Berbasis SMS Gateway. STMK Banjarbau, Banjarbau.

Pangestu, Agung. Sumardi. Sudjadi. Perancangan Alat Pengaman Dan Tracking Kendaraan Sepeda Motor Dengan Menggunakan Mikrokontroler ATMega644PA. Universitas Diponegoro, Semarang

Rizkidiniah, Fatmah. Yamin, Muh. Muchlis, Nur Fajriah. 2016. Perancangan Dan Implementasi Prototype Sistem GPS (Global Positioning System) Dan SMS Gateway Pada Pencarian Kendaraan Bermotor Berbasis Arduino Uno. Universitas Halu Oleo, Kendari.

Suharo, Beman. Falentino, Steven. Liawatimena, S. 2011. Perangcangan Sistem Keamanan Sepeda Motor Dengan Sidik Jari. Universitas Bina Nusantara, Jakarta.

Usman, Rahmansyah. Abdul Azis, Apriadi. Nur Fajri. 2017. Rancang Bangun Pagar Otomatis Dengan Fingerprint Berbasis Mikrokontroller. Politeknik Bosowa, Makassar.

Additional Files

Published

2022-07-31

How to Cite

Wahyu Candra, M., Amaluddin, F., & Suryanto, A. A. (2022). SISTEM KEAMANAN SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN FINGERPRINT DAN GPS TRACKING BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO ATMEGA2560. Curtina , 3(1), 30–39. https://doi.org/10.55719/curtina.v3i1.442

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>