APLIKASI MOBILE EDUKATIF “BELAJAR CHORD GITAR DAN GITAR TUNER UNTUK PEMULA”

Authors

  • Soni Sanjaya Universitas PGRI Ronggolawe
  • Fitroh Amaluddin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Adityo Nugroho Universitas PGRI Ronggolawe
  • Diva Eldiya Yahya Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.55719/curtina.v3i2.573

Keywords:

Android, Gitar, Edukasi, Mobile

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat telah membawa banyak perubahan diberbagai aspek kehidupan manusia salah satunya adalah pemanfaatan teknologi mobile (Android) maupun komputer. Saat ini hamper seua lapisan masyarakat mempunyai itu, disini penulis tidak membahas itu, akan tetapi penerapan aplikasi tentang belajar chord gitar dan tuner gitar. Mencermati perkembangan yang ada, penulis mencoba merancang dan membangun sebuah aplikasi pembantu untuk yang ingin belajar tentang chord gitar dan tuner gitar sebagai alat untuk mempermudah dalam sistem pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisa dan perancangan dimana pada metode analaisa penulis menganalisa kebutuhan, dan melalui hasil analisa tersebut penulis merancang tahapan-tahapan yang akan dilakukan Hasil yang dicapai adalah meningkatnya minat dan wawasan pengguna dalam belajar bermain gitar,dimana artinya telah diciptakan aplikasi belajar chord gitar dan tuner gitar yang memiliki interface yang user-friendly yang dapat digunakan pada Sistem operasi android diatas versi 2.3.1. Simpulan yang didapat adalah setelah aplikasi belajar chord gitar dan tuner gitar diimplementasikan, pengguna dapat mengerti bagaiman cara bermain gitar dan menyetel rada gitar pada senar gitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hariyanto, Bambang, Ir. Mt (2004), Rekayasa Sistem Berorientasi Obyek Informatika, Bandung

Bandung.

Komunitas Seni Musik (KSM) DKI Jakarta (2014), 7 Step Praktis Jago Main Gitar Akustik &

Elektrik, Jakarta.

Nugroho, Adi (2008), Pemrograman Java Menggunakan IDE eclipse, Andi Offset,Yogyakarta.

Nugroho, Adi (2010), Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP. Andi

Offset, Yogyakarta.

Rickyanto, Isak (2003), Dasar Pemrograman Berorientasi Objek dengan Java 2:

JDK 1.4. Andi Offset, Yogyakarta.

Safaat, Nazaruddin (2011), Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet

PC Berbasis Android. Informatika, Bandung.

Sutanta, Edly (2005), Pengantar Teknologi Informasi, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Widianto (2012). Pengertian dan Tipe Diagram UML, IT jurnal, Volume 17,

http://itjournal.com/journal/pengertian-dan-tipe-diagram-UML, 6 Maret 2016.

Additional Files

Published

2022-12-31

How to Cite

Sanjaya, S., Amaluddin, F., Nugroho, A., & Eldiya Yahya, D. (2022). APLIKASI MOBILE EDUKATIF “BELAJAR CHORD GITAR DAN GITAR TUNER UNTUK PEMULA”. Curtina , 3(2), 1–7. https://doi.org/10.55719/curtina.v3i2.573

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>