IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN ORGAN MATA BERBASIS ANDROID

Authors

  • Rini Khoirianti Universitas PGRI Ronggolawe
  • Alfian Nurlifa Universitas PGRI Ronggolawe
  • Amaludin Arifia Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ainur Rochmah Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.55719/curtina.v3i2.574

Keywords:

Augmented Reality, Mata, Android

Abstract

Sebuah abstrak dipersiapkan dengan baik sehingga  memungkinkan pembaca untuk mengidentifikasi isi dasar dokumen dengan cepat dan akurat, untuk menentukan relevansinya dengan kepentingan mereka, dan dengan demikian akan mudah untuk memutuskan apakah akan membaca dokumen secara keseluruhan. Abstrak harus informatif dan benar-benar cukup jelas, memberikan pernyataan yang jelas dari masalah, pendekatan atau solusi yang diajukan, dan menunjukkan temuan utama dan kesimpulan. Abstrak harus 100 sampai 250 kata. Abstrak harus ditulis dalam bentuk lampau. nomenklatur standar harus digunakan dan singkatan harus dihindari. Tidak ada literatur harus dikutip. Daftar kata kunci memberikan kesempatan untuk menambahkan kata kunci, digunakan oleh pengindeksan dan abstrak layanan, selain yang sudah ada dalam judul. bijaksana penggunaan kata kunci dapat meningkatkan kemudahan bagi pihak yang berkepentingan untuk menemukan artikel kita. (11 pt).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar. 2010. Teknologi Augmented Reality Untuk Mensimulasikan Sistem Tata Surya. Yogyakarta. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer.

Annastacia, dkk. 2012. Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pada Simulasi Terjadinya Tsunami. Depok. Universitas Gunadarma.

Aryulina, dkk. 2007. Biologi SMA/MA Kelas X. Jakarta: Esis, hal. 260-261. Azuma, R.T. 1997. A survey of augmented reality. Presence: Teleoperators and virtual environments, 6(4), pp.355-385.

Budi, Handaru. 2012. Pembuatan Film Animasi 3D Air Menggunakan Menggunakan Blender 2.5. Yogyakarta. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer.

Chih-Hsiao dan Jung-Chuan. 2014. The Augmented Reality Application of Multimedia Technology in Aquatic Organisms Instruction. Taipei. Takming University of Science and Technology dan National Taipei University of Education.

Eka, Ilham. 2013. Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif. Padang. STIMIK Indonesia Padang.

Eka, dkk. 2012. Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender. Semarang. Universitas Stikubank.

Fitriyani, Nurul. 2011. Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jakarta. Universitas Islam Neegeri Syarif Hidayatullah.

Fathoni, dkk. 2012. Alat Musik Perkusi Augmented Reality Berbasis Android. Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.

Grady Booch. 1999. Visual Modeling With Rational Rose 2000 And UML. New York. Addison Wesley.

Hendratman, Hendi. 2010. The Magic of Adobe Photoshop. Bandung: Informatika, hal. Ix.

Hendra, dkk. 2015. Perancangan Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android Yang Terintegrasi Pada Google Map. Manado. UNSRAT.

Kendal, Kenneth. E. 2003. Analis dan Perancangan Sistem (System Analysis and Design). Jakarta : PT. Indeks.

Kurniawan dan Rinta. 2014. Mobile Augmented Reality Berbasis Android. Semarang. Universitas Diponegoro.

Norton, Terry. 2013. Learning C# by Developing Games with Unity 3D Beginner's Guide.Birmingham: Packt.

Setiawanto, Irwan. 2012. Penerapan Augmented Reality Pada Kotak Ponsel Sebagai Media Periklanan Virtual. Yogyakarta. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer.

Setiawati. 2010. Multiple Intelligences Application Making Using With Visual C#. Net 2008 And Microsoft Sql Server 2005. Depok. Universitas Gunadarma.

Sunarto. 2011. Pembuatan Game 3 Dimensi “ME VS ALIENS” dengan Menggunakan Unity 3D Game. Yogyakarta. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer.

Sulindawati dan Fathoni. 2010. Pengantar Analisa Perancangan Sistem. Medan. STMIK Triguna Dharma.

Zahreza, dkk. 2014. Analisa Kualitas Layanan Website BTKP-DIY Menggunakan Metode Webqual 4.0. Yogyakarta. Institut Sains dan Teknologi AKPRIND.

Additional Files

Published

2022-12-31

How to Cite

Khoirianti, R., Nurlifa, A., Arifia, A., & Rochmah, A. (2022). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN ORGAN MATA BERBASIS ANDROID. Curtina , 3(2), 8–17. https://doi.org/10.55719/curtina.v3i2.574

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>