PENGEMBANGAN MODUL PETUNJUK PRAKTIKUM IPA BERBASIS LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.55719/elenor.v2i2.1048Abstrak
Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D dengan 4 tahap yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (dissemination) dengan tujuan penelitiannya adalah: (1) mengetahui kelayakan modul petunjuk praktikum IPA berbasis Learning Cycle kelas 4 sekolah dasar.; (2) mengetahui kepraktisan modul petunjuk praktikum IPA berbasis Learning Cycle kelas 4 sekolah dasar; (3) mengetahui keefektifan modul petunjuk praktikum IPA berbasis Learning Cycle kelas 4 sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh presentase kelayakan modul yang didapatkan melalui hasil validasi ahli sebesar 97,9% dengan kriteria sangat baik; diperoleh presentase kepraktisan modul yang didapatkan melalui hasil keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru, dan angket respon peserta didik sebesar 96,4% dengan kriteria sangat praktis; dan diperoleh presentase keefektifan media yang didapatkan melalui hasil tes peserta didik dengan nilai rata-rata n gain sebesar 89 dan dinyatakan efektif. Maka berdasarkan beberapa hasil yang sudah dipaparkan tersebut penelitian pengembangan modul petunjuk praktikum IPA berbasis Learning Cycle kelas 4 sekolah dasar valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Unduhan
Referensi
M. Ulum, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Learning Cycle 5E Pada Materi Integral Di Kelas Xii Ipa,” J. Ilm. Soulmath J. Edukasi Pendidik. Mat., vol. 4, no. 5, 2017, doi: 10.25139/sm.v4i5.228.
T. Abdjul, Buku Model Pembelajaran Ryleac, Cetakan Pe. Gorongtalo: Politeknik Gorongtalo, 2019.
D. Harefa, “Peningkatan Prestasi Belajar IPA Siswa Pada Model Pembelajaran Learning Cycle Dengan Materi Energi dan Perubahannya,” Trapsila J. Pendidik. Dasar, vol. 2, no. 01, p. 25, 2020, doi: 10.30742/tpd.v2i01.882.
R. Mesra, Research & Development Dalam Pendidikan, Cetakan Pe. Sumatera Utara: PT. Mifandi Mandiri Digital, 2023.
B. Muqdamien, U. Umayah, J. Juhri, and D. P. Raraswaty, “Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun,” Intersections, vol. 6, no. 1, pp. 23–33, 2021, doi: 10.47200/intersections.v6i1.589.
A. Imran, R. Amini, Y. Fitria, P. Fakultas, I. Pendidikan, and U. N. Padang, “Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Model Learning Cycle 5E di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 1, pp. 343–349, 2021.
F. Herdianto, M. Prayito, and V. A. Yuliana, “Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Flipbook Kelas IV SD 1 Payaman Kudus,” 2023.
F. Chan and H. Budiono, “Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Learning Cycle Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” J. Gentala Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 2, pp. 166–175, 2019, doi: 10.22437/gentala.v4i2.7919.
R. Anisa, R. W. Bachtiar, and B. Supriadi, “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Learning Cycle 5E Pokok Bahasan,” J. Pembelajaran Fis., pp. 181–188, 2018.
M. Sasono, F. Huriawati, and A. C. Yusro, “Pendekatan Konstruktivistik Dengan Metode Five E ( 5E ) Stages Learning Cycle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Ketrampilan Proses Sains,” Momentum Physisc Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 45–55, 2017.