PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT UNTUK MENINGKATKAN KONSEP PEMAHAMAN SISTEM TATA SURYA
DOI:
https://doi.org/10.55719/elenor.v3i1.1549Abstrak
Perkembangan media pembelajaran berbasis ICT ini untuk digunakan guru dalam menyampaikan materi ke peserta didik dengan memudahkan pemahaman serta dapat berpikir kritis.Penelitian ini menggunakan metode ADDIE untuk tenik pengumpulan data dengan menggunakan hasil wawancara dan angket. Media pembelajaran berbasis ICT yang telah dikembangkan oleh peneliti ini sudah dinyatakan layak untuk dipergunakan sebagai bahan ajar berbentuk media maupun materinya yang sederhana dan mudah dimengerti. Persentase yang didapatkan peneliti dalam hasil wawancara sebesar 90% atau dalam kriteria tersebut dinyatakan layak untuk implementasi pada pembelajaran IPA di Sekolahan Dasar.
Unduhan
Referensi
S. Pokhrel, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (Information and Communication of Technology) MELALUI ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA,” Αγαη, vol. 15, no. 1, pp. 37–48, 2024.
V. Anggrianto and J. Pratama, “Perancangan Video 3D mengenai Senjata Tradisional dari Asia Timur,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 95–102, 2024, doi: 10.47233/jteksis.v6i1.1093.
M. H. Kurniawan, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ar ‘Augmented Reality’ Pada Materi Sistem Tata Surya Kelas 6 Sd,” Jpgsd, vol. Volume 10, pp. 1401–1414, 2022.
E. S. Ningtiyas, D. D. W. I. N. U. R. Wenda, and A. Wiguna, “No Title,” vol. 4, no. 1, pp. 46–59, 2024.
F. Alihar, “Pengembangan Media Miniatur Sistem Tata Surya,” Artik. J. Unja, vol. 66, pp. 37–39, 2018.
Shafa Yasinta Agustina and Riyan Abdul Aziz, “Perancangan Media pembelajaran Interaktif Pengenalan Sistem Tata Surya Untuk Siswa Sekolah Dasar,” Repeater Publ. Tek. Inform. dan Jar., vol. 2, no. 3, pp. 198–205, 2024, doi: 10.62951/repeater.v2i3.138.
H. Saputra, F. N. Khasanah, W. I. Apriana, and W. Kurniawati, “Pengembangan Konsep Sistem Tata Surya di Tingkat Sekolah Dasar,” Madani J. Ilm. Multidisiplin, vol. 1, no. 12, pp. 548–555, 2024.
A. Inayah, N. S. Nasution, D. C. Lubis, A. Zam, and Z. Hariro, “Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Sistem Tata Surya di Sekolah Dasar,” J. Ilm. Multidisiplin, vol. 1, no. 12, pp. 338–348, 2024.
M. A. Darojat, S. Ulfa, and A. Wedi, “Pengembangan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya,” JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 91–99, 2022, doi: 10.17977/um038v5i12022p091.