PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL DIMENSI TIGA
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i1.142Keywords:
Profile, Three dimensions, Mathematical reasoning abilitiesAbstract
The purpose of this study is to describe the mathematical reasoning ability of students of class X-1 of SMA Negeri 1 Paciran in solving three dimensional problems. This type of research is descriptive qualitative. Data is collected through tests and interviews that are developed based on indicators of mathematical reasoning ability. Data on students' mathematical reasoning ability test results were analyzed by describing the results of student answers. The results showed that the mathematical reasoning ability of students with high mathematical ability classified well in completing three dimensional problems, mathematical reasoning ability of students with mathematical ability was classified as good in completing three dimensional problems while the mathematical reasoning ability of students with low mathematical ability classified as sufficient in completing dimensional problems three.
Downloads
References
Azmi,Ulul. 2013. Profil Kemampuan Penalaran Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas Viii Smp Ypm 4 Bohar Sidoarjo. (online), (digilib.uinsby.ac.id/10940.diakses pada tanggal 8 April 2016)
Depdiknas. 2004. Materi Pelatihan Terintregrasi Buku 3 Matematika. Jakarta : Departemen Pendiidkan Naisonal
NCTM. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston VA : NCTM.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003.
Usniati, Mia. 2011. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. (online), (repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/1234566789/1406, diakses pada tanggal 6 Mei 2016)
Wulandari, Candra. 2015. Profil Fungsi Kognitif Rigorous Mathematical Thinking (Rmt) Terhadap Simbol, Huruf Dan Tanda Pada Aljabar Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. Skripsi Tidak Diterbitkan. Tuban: UNIROW
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.