PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL DIMENSI TIGA
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i1.142Kata Kunci:
Profil, Dimensi tiga, Kemampuan penalaran matematisAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Paciran dalam menyelesaikan soal dimensi tiga. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui tes dan wawancara yang dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan penalaran matematis. Data hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa dianalisis dengan cara mendeskripsikan hasil jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa dengan kemampuan matematika tinggi tergolong baik dalam menyelesikan soal dimensi tiga, kemampuan penalaran matematis siswa dengan kemampuan matematika sedang tergolong baik dalam menyelesikan soal dimensi tiga sedangkan kemampuan penalaran matematis siswa dengan kemampuan matematika rendah tergolong cukup dalam menyelesikan soal dimensi tiga.
Unduhan
Referensi
Azmi,Ulul. 2013. Profil Kemampuan Penalaran Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas Viii Smp Ypm 4 Bohar Sidoarjo. (online), (digilib.uinsby.ac.id/10940.diakses pada tanggal 8 April 2016)
Depdiknas. 2004. Materi Pelatihan Terintregrasi Buku 3 Matematika. Jakarta : Departemen Pendiidkan Naisonal
NCTM. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston VA : NCTM.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003.
Usniati, Mia. 2011. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. (online), (repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/1234566789/1406, diakses pada tanggal 6 Mei 2016)
Wulandari, Candra. 2015. Profil Fungsi Kognitif Rigorous Mathematical Thinking (Rmt) Terhadap Simbol, Huruf Dan Tanda Pada Aljabar Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. Skripsi Tidak Diterbitkan. Tuban: UNIROW
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.