PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL DIMENSI TIGA

Penulis

  • Yustrinda Aprilia SMA Negeri 1 Paciran
  • Mu'jizatin Fadiana

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i1.142

Kata Kunci:

Profil, Dimensi tiga, Kemampuan penalaran matematis

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Paciran dalam menyelesaikan soal dimensi tiga. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui tes dan wawancara yang dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan penalaran matematis. Data hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa dianalisis dengan cara mendeskripsikan hasil jawaban siswa.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa dengan kemampuan matematika tinggi tergolong baik dalam menyelesikan soal dimensi tiga, kemampuan penalaran matematis siswa dengan kemampuan matematika sedang tergolong baik dalam menyelesikan soal dimensi tiga sedangkan kemampuan penalaran matematis siswa dengan kemampuan matematika rendah tergolong cukup dalam menyelesikan soal dimensi tiga.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arifin, zaenal : 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Lentera Cendekia

Azmi,Ulul. 2013. Profil Kemampuan Penalaran Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas Viii Smp Ypm 4 Bohar Sidoarjo. (online), (digilib.uinsby.ac.id/10940.diakses pada tanggal 8 April 2016)

Depdiknas. 2004. Materi Pelatihan Terintregrasi Buku 3 Matematika. Jakarta : Departemen Pendiidkan Naisonal

NCTM. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston VA : NCTM.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003.

Usniati, Mia. 2011. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. (online), (repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/1234566789/1406, diakses pada tanggal 6 Mei 2016)

Wulandari, Candra. 2015. Profil Fungsi Kognitif Rigorous Mathematical Thinking (Rmt) Terhadap Simbol, Huruf Dan Tanda Pada Aljabar Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. Skripsi Tidak Diterbitkan. Tuban: UNIROW

Unduhan

Diterbitkan

2020-04-16

Cara Mengutip

Aprilia, Y. dan Fadiana, M. (2020) “PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL DIMENSI TIGA”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 2(1), hlm. 15–22. doi: 10.55719/jrpm.v2i1.142.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama