PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • ELSI MSEN UNIVERSITAS DR SOETOMO
  • Endang Legowati
  • Yuni Listiana
Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe the power of two, Pemahaman konsep, Hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe the power of two terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain non-equivalent control grup design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik parametrik yakni uji manova dengan uji hipotesis multivariat test. Hasil dari analisis data penelitian ini diperokeh nilai F untuk Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace dan Roy’s Largets Root sebesar 6,990 dengan signifikansi 0,002  < 0,05 dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Ada pengaruh model pebelajaran kooperatif tipe the power of two terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa.

References

Firdaus, A. (2019). Aktualisasi Nilai-Nilai Multikultural Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Kuliah Studi Resolusi Konflik Dan Pendidikan Multikultural. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Maisari, D., Suyadi, G., & Asnawati, R. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Hasil Riset, 1–6. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/issue/view/43

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Mawarni, D., & Amalita, N. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 13 Padang. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 8(3), 77–82.

Novitasari, L., & Leonard. (2017). Pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematika terhadap hasil belajar matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika., 758–766. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/repository/article/view/1952

Ratnasari, D., Subandi, & Putra, F. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 163–174. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/3967

Sumaryanta. (2015). Pedoman Penskoran. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education., 2(3), 181–190.

Sunilawati, N. M., Dantes, N., & Candiasa, I. M. (2013). TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan, 3, 6–9.

Yunita, A. (2016). Pengaruh Metode Stratagem Melalui Pembelajaran Kooperatif Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 20 Padang. Ta’dib, 17(1), 25. https://doi.org/10.31958/jt.v17i1.254
Published
2020-10-30
How to Cite
MSEN, E., Legowati, E. and Listiana, Y. (2020) “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 2(2), pp. 47-54. Available at: http://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm/article/view/159 (Accessed: 23April2021).
Section
Articles