PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i2.159Kata Kunci:
Pembelajaran kooperatif tipe the power of two, Pemahaman konsep, Hasil belajarAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe the power of two terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain non-equivalent control grup design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik parametrik yakni uji manova dengan uji hipotesis multivariat test. Hasil dari analisis data penelitian ini diperokeh nilai F untuk Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace dan Roy’s Largets Root sebesar 6,990 dengan signifikansi 0,002 < 0,05 dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Ada pengaruh model pebelajaran kooperatif tipe the power of two terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa.
Unduhan
Referensi
Maisari, D., Suyadi, G., & Asnawati, R. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Hasil Riset, 1–6. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/issue/view/43
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Mawarni, D., & Amalita, N. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 13 Padang. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 8(3), 77–82.
Novitasari, L., & Leonard. (2017). Pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematika terhadap hasil belajar matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika., 758–766. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/repository/article/view/1952
Ratnasari, D., Subandi, & Putra, F. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 163–174. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/3967
Sumaryanta. (2015). Pedoman Penskoran. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education., 2(3), 181–190.
Sunilawati, N. M., Dantes, N., & Candiasa, I. M. (2013). TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan, 3, 6–9.
Yunita, A. (2016). Pengaruh Metode Stratagem Melalui Pembelajaran Kooperatif Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 20 Padang. Ta’dib, 17(1), 25. https://doi.org/10.31958/jt.v17i1.254
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.