PENERAPAN TEORI VYGOTSKY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI GEOMETRI

Authors

  • Ira Nur Azizah Pendidikan Matematika, Universitas Muria Kudus
  • Jayanti Putri Purwaningrum

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i1.220

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang selalu ada dalam jenjang pendidikan. Terdapat berbaai bidang dalam matematika, salah satu bidangnya yaitu geometri. Geometri merupakan bidang dimana garis, titik, bidang, ruang, sifat-sifat dan keterkaitanya, untuk mempelajari geometri diperlukan pematangan konsep dan juga metode yang tepat agar siswa mudah memahami konsep geometri. Jika dibandingkan dengan bidang maematika lainnya, geometri termasuk bidang yang dianggap sulit untuk dipahami. Pengusaan materi geometri pada jenjang pendidikan dasar yang cukup rendah memperlihatkan bahwa tidak berhasilnya siswa dalam pembelajaran geometri pada jenjang tersebut. Ketidakberhasilan ini dikarenakan siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep, fakta da juga prinsip-prinsip dalam materi geometri. Teori Vygotsky cocok untuk diterapkan pada geometri. Vygotsky menerapkan adanya zone of proximal defelopment (ZPD) yang merupakan tingkat perkembangan sedikit diatas tingkat perkembangan seseorang saat ini. Ketika anak merasa kesulitan, Vygotsky menyarankan agar guru menerapkan scaffolding pada pembelajaran yang merupakan support atau bantuan seorang dewasa atau yang lebih berkompeten untuk membantu siswa dalam menyelesaikan soal yang lebih tinggi dari tingkat perkembangan kognitifnya. Kata Kunci: Matematika, Geometri, Teori Vygotsky, ZPD, scaffolding.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

27-04-2021

How to Cite

Azizah, I. N. and Purwaningrum, J. P. (2021) “PENERAPAN TEORI VYGOTSKY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI GEOMETRI”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1), pp. 19–26. doi: 10.55719/jrpm.v3i1.220.

Issue

Section

Articles