Penerapan Teori Vygotsky dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Fandhila Aprilia Rahmawati Universitas Muria Kudus
  • Jayanti Putri Purwaningrum

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i1.349

Keywords:

zpd, scaffolding, pembelajaran matematika, teori vygotsky

Abstract

Tujuan penyusunan artikel mengenai teori Vygotsky pada pembelajaran matematika merupakan pemebelajaran generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna menurut apa yg dipelajari. Penilaian menjadi poin penting, akan tetapi metode yang mengaitkan aturan serta prosedur pada pembelajaranpun adalah poin penting. Dalam proses belajar, output belajar, cara belajar, dan taktik belajar akan menghipnotis perkembangan rapikan pikir dan skema berpikir seseorang. Metode yang digunakan dalam penyusunan artikel ini adalah studi literatur mengenai Teori Vygotsky dalam Pembelajaran Matematika. Penelitian kepustakaan (Library research) merupakan serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang objek penelitiannya digali melalui beragam informasi kepustakaan (buku,ensikolpedia, dokumen, dan jurnal ilmiah). Lev Semenovich Vygotsky merupakan tokoh penting dalam konstruktivisme sosial. Vygotsky menyatakan bahwa siswa dalam mengkonstruksi suatu konsep perlu memperhatikan lingkungan sosial. Konsep penting dalam teori Vygotsky, yaitu Zone of Proximal Development (ZPD) merupakan jarak antara tingkat perkembangan aktual dan tingkat perkembangan potensial dan scaffolding merupakan pemberian bantuan kepada siswa selama tahap-tahap awal pembelajaran. Aplikasi pemikiran Vygotsky untuk mempelajari matematika menumbuhkan pemahaman matematika dari koneksi pemikiran dengan bahasa matematika yang baru dalam mengkreasipengetahuan. Mengkonstruksi pengetahuan merupakan fokus yang krusial dari pembelajaran Matematika. Vygotsky percaya bahwa siswa belajar untuk menggunakan bahasa baru dengan internalisasi pengetahuan dari kata yang mereka katakan, pengembangan budaya siswa dari pengetahuan kata dua proses fungsi. yaitu pada tingkat sosial dan pada tingkat individual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sutiarso, S. (2009). Scaffolding dalam pembelajaran matematika. Hal M–527.

Sutawidjaja, A., & Afgani, J. (2015). Konsep dasar pembelajaran matematika. Pembelajaran Matematika, 4(9), 51-57.

Katminingsih, Y. (2009). Vygotsky dan Teorinya dalam Mempengaruhi Desain Pembelajaran Matematika. Malang, STKIP PGRI Blitar.

Pasaribu, F. T. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Penerapan Teori Vygotsky Pada Materi Geometri Di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01).

Downloads

Published

08-04-2022

How to Cite

Rahmawati, F. A. and Purwaningrum, J. P. (2022) “Penerapan Teori Vygotsky dalam Pembelajaran Matematika”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(1), pp. 1–4. doi: 10.55719/jrpm.v4i1.349.

Issue

Section

Articles