KAJIAN TEORI TENTANG PEMBELAJARAN OPERASI ARITMATIKA MELALUI PERMAINAN

Authors

  • Yulia Devi Ariskha Universitas Dr.Soetomo
  • Sulis Janu Hartati
  • Lusiana Prastiwi Universitas Dr Soetomo

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i2.315

Keywords:

Pembelajaran berbasis Permainan, Berhitung, Matematika

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permainan tradisional congklak dan permainan ular tangga mampu meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka atau studi literatur atau library research. Sumber data diperoleh dari pustaka atau literatur yang berasal dari jurnal dan skripsi yang dipublikasikan terdiri dari 17 jurnal dan 3 skripsi. Instrumen penelitian yang digunakan yakni  penelit sendiri (human instrument). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan editing, organizing dan  finding. Teknik analisis data yang digunakan yakni menggunakan teknik analisis isi dan teknik deduktif. Prosedur penelitian yang digunakan adalah memilih topik penelitian, eksplorasi informasi, menentukan fokus penelitian, mengumpulkan sumber data, mempersiapkan penyajian data penelitian dan Menyusun laporan penelitian.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media permainan tradisional congklak dan permainan ular tangga mampu meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Pembelajaran operasi aritmatika melalui permainan akan membuat siswa merasa senang dan juga dapat dengan mudah  memahami materi yang diajarkan oleh guru.

Kata Kunci: Pembelajaran berbasis Permainan, Berhitung, Matematika

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, F., & Nuhammad Awin Alaby. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Permainan Ular Tangga. Prosiding Seminar Nasional …, 1–10. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/131

Baiquni, I. (2016). Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jkpm, 01(02), 193–203.

Dewi, P. C. (2019). Penggunaan Media Permainan Congklak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Konsep Perkalian Pada Siswa Kelas Ii Sdn 30 Rejang Lebong. Bengkulu : IAIN Curup, 106.

Dwirahayu, G., & Nursida. (2016). Mengembangkan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode permainan untuk siswa kelas 1 MI. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 117–138.

Embun, B. (2012). Banjir Embun. Retrieved from Penelitian Kepustakaan: http://banjirembun.blogspot.co.id/2012/04/penelitian-kepustakaan.html.

Erlin Prasetyo, N. H. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Terhadap Minat Belajar Matematika (Mtk) Siswa Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Fatmawati, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 325–336. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3597

Ferryka, P. Z. (2018). Permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. 29(100). https://doi.org/10.31227/osf.io/8bwg3

Irawan, A., & Wardani, M. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Permainan Ular Tangga Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 2(2), 342–348. https://doi.org/10.17977/um031v2i22016p342

Khulafa, F. N. (2018). Permainan Tradisional untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Seminar Nasiona Prodi PGSD-FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto, May 2018, 258–265.

Lindung, I. H., & Setiyowati, R. (2017). Perkalian Menggunakan Media Siswa Kelas Ii Sd Negeri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Perkalian Menggunakan Media Siswa Kelas Ii Sd Negeri 182 / I Hutan Lindung. 1–14.

Mahmudah, M. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika di SD Plus Fatimah Az-Zahro. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 63. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v2i2.1971

Mardiana, D. (2017). Mengembangkan Kemampuan Aritmatika Siswa Paud Melalui Permainan Tikar Bilangan. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education …, 01(02), 109–115. http://103.66.199.204/index.php/UJMES/article/view/955

Marlina, R. dan P. (2015). Jurnal Penelitian PAUDIA. Jurnal Penelitian PAUDIA, 63–83. http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/514
NCTM. (2000). Using the NCTM 2000 principles and standards with the learning from assements materials. [Online]. Tersedia di: http://www.wested.org/Ifa/NCTM2000 .PDF, diunduh pada 3 Maret 2018 pada 01:28.

Nataliya, P. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 03(02), 343–358.

Nopiani, N. E., Meter, I. G., & Wiarta, I. W. (2013). Model Pembelajaran Tgt Berbantuan Media Permainan Matematika Siswa Kelas Iv Sd Gugus Viii Sukawati. Mimbar Pgsd, 1.

PULUNGAN, S. A. (2020). Upaya Meningkatakan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Metode Permainan Congklak. Jurnal Ilmiah Maksitek, 5(3), 80–83.

Rahmi, H., Saputra, J., Desriati, W., & Fatmawati, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II Dengan Menggunakan Sempoa Aritmatika Di Sekolah Dasar. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 2(2), 50–56. https://doi.org/10.35970/madani.v2i2.148

Santi, S., & Bachtiar, M. Y. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Tradisional Congklak Di Taman Kanak-Kanak Yustikarini Kabupaten Bantaeng. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 21. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.14436

Siregar, S. N., Solfitri, T., & Roza, Y. (2014). PENGENALAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN MELALUI PERMAINAN CONGKLAK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Oleh: Syarifah Nur Siregar, Titi Solfitri, Yenita Roza. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2, 119–128.

Srintin, A. S., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2019). Pengembangan Media Permainan Kartu Umino Pada Pembelajaran Matematika Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 126–138. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.89

Sukmawati, W., Farmasi, P. S., Studi, P., Pendidikan, A., & Pascasarjana, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelompok B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 85 , Legoso. 177–184.

Sulowaty, T. (2017). Penggunaan Modifikasi Permainan Congklak untuk Meningkatkan Kecepatan Menghitung dalam Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat pada Siswa Kelas I SD Negeri 028226 Binjai Tahun Pelajaran 2015 / 2016. 5(2), 152–162.

Syaharuddin, S., Pramita, D., & Sirajuddin, S. (2019). Pengenalan Operasi Tambah Kurang Melalui Permainan Congklak Bagi Siswa Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(1), 01. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i1.900

Ulya, H. (2017). Permainan tradisional sebagai media dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 6(11), 371–376. http://repository.ummetro.ac.id/files/semnasdik/967b29a8033b7621321b15c78166e74a.pdf

Utami, R. (2013). Penerapan Permainan Pasaran dalam Pembelajaran Matematika Materi Pokok Aritmatika Sosial. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 128–135. http://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/article/download/481/441

Verawati Wote, A. Y., Sasingan, M., & Yunita, K. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Congklak Pada Siswa Kelas II SD Inpres Wosia. International Journal of Elementary Education, 4(1), 107. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24384

Published

2021-10-30

How to Cite

Ariskha, Y. D., Hartati, S. J. and Prastiwi, L. (2021) “KAJIAN TEORI TENTANG PEMBELAJARAN OPERASI ARITMATIKA MELALUI PERMAINAN”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(2), pp. 75–90. doi: 10.55719/jrpm.v3i2.315.

Issue

Section

Articles