KAJIAN TEORI TENTANG PEMBELAJARAN OPERASI ARITMATIKA MELALUI PERMAINAN
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i2.315Kata Kunci:
Pembelajaran berbasis Permainan, Berhitung, MatematikaAbstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permainan tradisional congklak dan permainan ular tangga mampu meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka atau studi literatur atau library research. Sumber data diperoleh dari pustaka atau literatur yang berasal dari jurnal dan skripsi yang dipublikasikan terdiri dari 17 jurnal dan 3 skripsi. Instrumen penelitian yang digunakan yakni penelit sendiri (human instrument). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan editing, organizing dan finding. Teknik analisis data yang digunakan yakni menggunakan teknik analisis isi dan teknik deduktif. Prosedur penelitian yang digunakan adalah memilih topik penelitian, eksplorasi informasi, menentukan fokus penelitian, mengumpulkan sumber data, mempersiapkan penyajian data penelitian dan Menyusun laporan penelitian.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media permainan tradisional congklak dan permainan ular tangga mampu meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Pembelajaran operasi aritmatika melalui permainan akan membuat siswa merasa senang dan juga dapat dengan mudah memahami materi yang diajarkan oleh guru.
Kata Kunci: Pembelajaran berbasis Permainan, Berhitung, Matematika
Unduhan
Referensi
Baiquni, I. (2016). Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jkpm, 01(02), 193–203.
Dewi, P. C. (2019). Penggunaan Media Permainan Congklak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Konsep Perkalian Pada Siswa Kelas Ii Sdn 30 Rejang Lebong. Bengkulu : IAIN Curup, 106.
Dwirahayu, G., & Nursida. (2016). Mengembangkan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode permainan untuk siswa kelas 1 MI. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 117–138.
Embun, B. (2012). Banjir Embun. Retrieved from Penelitian Kepustakaan: http://banjirembun.blogspot.co.id/2012/04/penelitian-kepustakaan.html.
Erlin Prasetyo, N. H. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Terhadap Minat Belajar Matematika (Mtk) Siswa Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Fatmawati, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 325–336. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3597
Ferryka, P. Z. (2018). Permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. 29(100). https://doi.org/10.31227/osf.io/8bwg3
Irawan, A., & Wardani, M. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Permainan Ular Tangga Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 2(2), 342–348. https://doi.org/10.17977/um031v2i22016p342
Khulafa, F. N. (2018). Permainan Tradisional untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Seminar Nasiona Prodi PGSD-FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto, May 2018, 258–265.
Lindung, I. H., & Setiyowati, R. (2017). Perkalian Menggunakan Media Siswa Kelas Ii Sd Negeri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Perkalian Menggunakan Media Siswa Kelas Ii Sd Negeri 182 / I Hutan Lindung. 1–14.
Mahmudah, M. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika di SD Plus Fatimah Az-Zahro. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 63. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v2i2.1971
Mardiana, D. (2017). Mengembangkan Kemampuan Aritmatika Siswa Paud Melalui Permainan Tikar Bilangan. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education …, 01(02), 109–115. http://103.66.199.204/index.php/UJMES/article/view/955
Marlina, R. dan P. (2015). Jurnal Penelitian PAUDIA. Jurnal Penelitian PAUDIA, 63–83. http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/514
NCTM. (2000). Using the NCTM 2000 principles and standards with the learning from assements materials. [Online]. Tersedia di: http://www.wested.org/Ifa/NCTM2000 .PDF, diunduh pada 3 Maret 2018 pada 01:28.
Nataliya, P. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 03(02), 343–358.
Nopiani, N. E., Meter, I. G., & Wiarta, I. W. (2013). Model Pembelajaran Tgt Berbantuan Media Permainan Matematika Siswa Kelas Iv Sd Gugus Viii Sukawati. Mimbar Pgsd, 1.
PULUNGAN, S. A. (2020). Upaya Meningkatakan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Metode Permainan Congklak. Jurnal Ilmiah Maksitek, 5(3), 80–83.
Rahmi, H., Saputra, J., Desriati, W., & Fatmawati, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II Dengan Menggunakan Sempoa Aritmatika Di Sekolah Dasar. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 2(2), 50–56. https://doi.org/10.35970/madani.v2i2.148
Santi, S., & Bachtiar, M. Y. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Tradisional Congklak Di Taman Kanak-Kanak Yustikarini Kabupaten Bantaeng. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 21. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.14436
Siregar, S. N., Solfitri, T., & Roza, Y. (2014). PENGENALAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN MELALUI PERMAINAN CONGKLAK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Oleh: Syarifah Nur Siregar, Titi Solfitri, Yenita Roza. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2, 119–128.
Srintin, A. S., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2019). Pengembangan Media Permainan Kartu Umino Pada Pembelajaran Matematika Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 126–138. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.89
Sukmawati, W., Farmasi, P. S., Studi, P., Pendidikan, A., & Pascasarjana, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelompok B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 85 , Legoso. 177–184.
Sulowaty, T. (2017). Penggunaan Modifikasi Permainan Congklak untuk Meningkatkan Kecepatan Menghitung dalam Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat pada Siswa Kelas I SD Negeri 028226 Binjai Tahun Pelajaran 2015 / 2016. 5(2), 152–162.
Syaharuddin, S., Pramita, D., & Sirajuddin, S. (2019). Pengenalan Operasi Tambah Kurang Melalui Permainan Congklak Bagi Siswa Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(1), 01. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i1.900
Ulya, H. (2017). Permainan tradisional sebagai media dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 6(11), 371–376. http://repository.ummetro.ac.id/files/semnasdik/967b29a8033b7621321b15c78166e74a.pdf
Utami, R. (2013). Penerapan Permainan Pasaran dalam Pembelajaran Matematika Materi Pokok Aritmatika Sosial. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 128–135. http://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/article/download/481/441
Verawati Wote, A. Y., Sasingan, M., & Yunita, K. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Congklak Pada Siswa Kelas II SD Inpres Wosia. International Journal of Elementary Education, 4(1), 107. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24384
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.